Taman Nasional Gunung Halimun Salak Diserbu Wisatawan

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Diserbu Wisatawan
Taman Nasional Gunung Halimun Salak Diserbu Wisatawan
Banner Dalam Artikel

Taman Nasional Gunung Halimun Salak


TatarSukabumi.ID - Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) siapkan petugas piket tambahan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang melakukan pendakian jalur Gunung Salak di TNGHS Resort Kawah Ratu sejak hari kedua Lebaran Idul Fitri 2019/1440 H.


“Untuk pendakian jalur Gunung Salak selama bulan puasa mengalami penurunan, kemungkinan setelah idul fitri nanti pengunjung kembali normal” kata Ugur Gursila, Kepala Resort Kawah Ratu saat dihubungi TatarSukabumi.ID, Jumat (31/5/2019).


Menurut Ugur, pengunjung biasanya didominasi wisatawan lokal, kunjungan arus wisatawan diperkirakan akan mengalami peningkatan saat libur lebaran ini.


“hingga saat ini bookingan tempat beberapa sudah ada untuk kunjungan setelah lebaran, dan biasanya terjadi lonjakan kunjungan sekitar 3 hingga 4 kali lipat dari kunjungan hari-hari biasa," jelas Ugur.


BACA JUGA : Keindahan Curug Caweni Cidolog, Legenda Kisah Pilu Janda 99 Kali Menikah


Masih kata Ugur, Pihaknya telah meningkatkan jumlah petugas keamanan di sejumlah jalur berpotensi rawan kecelakaan.


Mengingat medan jalan menuju lokasi cukup terjal dengan tikungan dan tanjakan yang cukup curam, kepada pengunjung dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan selama berkendara menuju area lokasi wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak.


"Kita atur shift petugas jaga, prediksi pengunjung 200 hingga 500 orang perhari. Untuk wisatawan mancanagara biasa aja sedikit, kebanyakan wisatawan nusantara dan didominasi kunjungan keluarga,” terangnya.


BACA JUGA : 7 Istilah Unik Lebaran di Sukabumi yang Nyaris Punah, Nomor 6 Masih Terjaga


Ugur juga menghimbau setiap pengunjung patuh mengikuti prosedur tetap (protap) yang diberlakukan pengelola TNGHS untuk menjaga kelestarian kawasan Gunung Salak.


“Himbauan, terutama bagi pengunjung yang menggunakan motor agar berhati hati ditikungan rawan kecelakaan, serta membuang sampah pada tempatnya dan mematuhi aturan yang ada demi kenyaman dan kesalamatan pengunjung,” jelasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputa Pasi