Header AD

SMKN 1 Pertanian Cibadak Bantah Lulusan SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di Indonesia


Kepala SMK Negeri 1 Pertanian Cibadak, Juanda


TatarSukabumi.ID - Kepala SMK Negeri 1  Pertanian Cibadak secara tegas bantah isu statemen penyumbang terbesar pengangguran di Indonesia adalah siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).


Hal ini diungkap Kepala SMK Negeri 1 Pertanian Cibadak, Juanda, saat ditemui TatarSukabumi.ID diruang kerjanya, Jalan Karangtengah Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


"Terkait isu Regional maupun isu Nasional SMK yang menjadi penyumbang terbesar pengangguran, Saya selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cibadak menolak terkait dugaan tersebut,"


"Siapapun yang berbicara itu, saya berani mengadu data mengadu fakta, bahwa semua SMK Pertanian khususnya SMK pertanian Cibadak, dari data dan fakta lulusan kami setiap tahun siap bekerja dan banyak diterima di dunia pekerjaan baik luar maupun dalam negeri," tegas Juanda, Senin (17/6/2019).


BACA JUGA : PPDB Sistem Zonasi, Warga 6 Kecamatan Bisa Daftar ke SMAN 1 Cibadak


Berdasarkan fakta dan data yang diambil dari Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 1 Pertanian Cibadak menunjukan, terjadi peningkatan daya serap usaha di setiap tahunnya.


Data pada tahun angkatan 2018 silam, tercatat 250 siswa lulusan SMK 1 Pertanian Cibadak yang telah diserap di dunia usaha meski belum dinyatakan lulus.


"Data pertanggal 12 mei 2018, sebelum kelulusan itu sudah terserap 250 orang, dan tahun ini pertanggal 13 mei 2019 setelah pengumuman kelulusan secara nasional, anak didik kami 292 orang yang telah bekerja, belum lagi lulusan yang bekerja sebagai batu loncatan di perusahaan di sekitar mereka,"


"Itu adalah data faktual linier, sesuai jurusan yang mereka ambil di sekolah ini," beber Juanda.


BACA JUGA : GMNI Sukabumi : Penerimaan Siswa Baru Sistem PPDB Tindakan Diskriminatif


Masih kata Kepsek SMKN 1 Pertanian Cibadak, Pihaknya melalui BKK selalu memantau dan mendata seluruh siswa mulai sejak pra kelulusan, kelulusan bahkan hingga pasca kelulusan.


"Catatan dan data itu kita tulis dari tahun ketahaun, untuk tahun ini kita data lulusan yang (sudah) bekerja, kemudian lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi, dan lulusan yang berwirausaha," tandasnya.


"Isu penyumbang terbesar pengangguran di Indonesia adalah siswa lulusan SMK anggaplah bisa saja benar, tapi bagi kami SMKN 1 Pertanian Cibadak itu adalah tidak benar," pungkas Kepala Sekolah SMKN 1 Pertanian Cibadak Sukabumi.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

SMKN 1 Pertanian Cibadak Bantah Lulusan SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di Indonesia SMKN 1 Pertanian Cibadak Bantah Lulusan SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di Indonesia Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Juni 17, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads