Header AD

Pencaker Membludak, Asosiasi Pengusaha Indonesia Bidik Tenaga Kerja yang Miliki Skill

Sudarno Rais


TatarSukabumi.ID - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Sukabumi menilai permasalahan ketenagakerjaan pasca Lebaran 2019 di Sukabumi relatif stabil.


Sementara itu, Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi pasca lebaran dipadati Pencari kerja (Pencaker).


Sekretaris Apindo Kabupaten Sukabumi, Sudarno Rais, menilai peningkatan permintaan kerja setiap tahun merupakan hal yang wajar, karena menurut Dia, salah satu faktornya adalah bertambahnya angkatan sekolah yang lulus setiap tahunnya.


BACA JUGA : Disnakertrans Sukabumi : 10 Ribu Pencari Kerja Siap Diserap di Tahun 2019


Sempat disinggung target Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi yang menyebut bisa menyerap 10 ribu Pencari kerja (Pencaker), Sudarno mengatakan hal tersebut bisa diatasi jika para pencaker bisa memenuhi kebutuhan skil yang dibutuhkan di perusahaan.


"Perlu adanya pelatihan atau vokasi dari para pencari kerja sesuai dengan skill yang dibutuhkan perusahaan, kalau itu sudah dipenuhi saya pikir lowongan pekerjaan itu bisa dipenuhi oleh masyarakat Sukabumi sendiri," jelas Sudarno, Selasa (12/6/2019).


Lebih jauh Sudarno mengatakan, solusi yang harus dicanangkan pemerintah daerah adalah bagaimana membuat pelatihan-pelatihan agar para pencari kerja tidak fokus untuk bekerja di pabrik atau menjadi pegawai.


"Dengan potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi, mereka (pencaker) dilatih untuk bisa menjadi wirausaha dan mempunyai jiwa entrepreneurship, sehingga bisa menciptakan pekerjaan," beber Sudarno.


BACA JUGA : Digadang-gadang Kandidat Calon Bupati Kabupaten Sukabumi 2020, Adjo Sardjono Angkat Bicara


Disinggung TatarSukabumi.ID terkait data jumlah kebutuhan kerja dari Perusahaan yang tergabung dalam Apindo, Sudarno angkat bicara.


"Apindo anggotanya hanya 80 perusahaan, saat ini belum ada investasi baru untuk disektor industri,"


"Jadi tinggal turn over saja, kalau misalkan habis lebaran ini ada yang keluar (karyawan) paling itulah yang kita butuhkan untuk menutup kekurangannya," kata Sekertaris Apindo Kabupaten Sukabumi, Sudarno Rais.(*)


Reporter : Rapik Utama

Editor : Dian Syahputra Pasi

Pencaker Membludak, Asosiasi Pengusaha Indonesia Bidik Tenaga Kerja yang Miliki Skill Pencaker Membludak, Asosiasi Pengusaha Indonesia Bidik Tenaga Kerja yang Miliki Skill  Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Juni 13, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads