Header AD

Pemohon Legalisir Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga di Sukabumi Melonjak 1000 Persen


Kantor Disdukcapil Kabupaten Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Pemohon legalisir Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi mengalami lonjakan yang signifikan.


Untuk diketahui, legalisir merupakan penggandaan dokumen asli yang selanjutnya di sah kan oleh instansi terkait dibubuhi cap basah maupun stempel sehingga memiliki kekuatan hukum yang sama dengan dokumen aslinya.


BACA JUGA : GMNI Sukabumi : Penerimaan Siswa Baru Sistem PPDB Tindakan Diskriminatif


Dadam Hatomi, Kasi Kelahiran dan Kematian Bidang Capil Kabupaten Sukabumi mengatakan, terjadi peningkatan permohonan legalisir Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran jelang tahun ajaran baru pendidikan.


Tidak tanggung tanggung, jumlah pemohon legalisir melonjak naik hingga mencapai 1000 persen dari hari biasa.


"Kenaikannya mencapai 1000 persen dari hari biasa, selama masa tahun ajaran baru sekolah tahun 2019 ini,"


"Hari biasa biasanya hanya 10 pemohonan setiap harinya saat ini bisa mencapai 1000 pemohon lebih," kata Dadam di Kantor Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Senin (17/6/2019).


BACA JUGA : Metode Cepat Hafal Alquran Bashorum Fuadhun Ponpes Al-Fath Sukabumi, 1 Bulan Hafal 12 Juz


Masih kata Dadam, salah satu penyebab meningkatnya pemohon legalisir, adalah untuk melengkapi persyaratan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).


Dengan melonjaknya pemohon legalisir jelang musim tahun ajaran baru Sekolah, saat disinggung awak media upaya penambahan waktu layanan yang akan dilakukan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Dadam angkat bicara.


"Masih tentatif, tapi kemungkinan untuk hari Sabtu depan, mau tidak mau kita akan mengusulkan penambahan layanan khusus bagi masyarakat," jelas Dadam.


BACA JUGA : Life Guard Balawista Palabuhanratu Selamatkan 33 Korban Laka-laut


Masih kata Dadam, jauh jauh hari sebelum PPDB sistem zonasi di terapkan, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi telah menjalin koordinasi dengan dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.


"Sebenarya kita telah menjalin koordinasi dengan Disdik bahkan sebelum sistem zonasi PPDB, 5 tahun lalu kami melihat sejumlah masalah diantaranya beberapa kasus ada perbedaan antara akta kelahiran dengan izajah, sehingga hal ini sangat penting agar terjadi sinkronisasi data dari kami (disduk) dengan dapodik," tandasnya.


Untuk masyarakat yang berada jauh dari kantor Disdukcapil pusat di Cisaat, Dadam menghimbau, Masyarakat bisa melakukan legalisir Kartu Keluarga dan Akta kelahiran di Kantor UPTD Disdukcapil terdekat yang tersebar di Kabupaten Sukabumi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pemohon Legalisir Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga di Sukabumi Melonjak 1000 Persen Pemohon Legalisir Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga di Sukabumi Melonjak 1000 Persen Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Juni 17, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads