Pasca Musim Liburan Sampah Menggunung Sepanjang Pantai Palabuhanratu

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Pasca Musim Liburan Sampah Menggunung Sepanjang Pantai Palabuhanratu
Pasca Musim Liburan Sampah Menggunung Sepanjang Pantai Palabuhanratu
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Pasca musim libur Idul Fitri 2019 / 1440 H tumpukan sampah berserakan di sepanjang sisi Pantai Laut Selatan Palabuhanratu Sukabumi.


Menindak lanjuti sampah yang berceceran, Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama Dinas terkait dibantu masyarakat dan sejumlah komunitas menggelar aksi bersih bersih sampah, Selasa (11/6/2019).


Kepada TatarSukabumi.ID, Herdy Somantri selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi mengatakan, sesuai intruksi Bupati Sukabumi, Pemkab Sukabumi menghimbau kepada seluruh masyarakat yang menikmati pantai untuk selalu menjaga dan melestarikan keindahan pantai serta tidak membuang sampah di pinggir pantai.


"Pak Bupati sering menghimbau untuk sama sama menjaga kebersihan dan memelihara keindahan di kawasan wisata misalnya seperti dipantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak merusak fasilitas yang berada di pantai," kata Herdy Somantri, Selasa (11/6/2019).


BACA JUGA : Mantan Napi Lapas Warungkiara Sukabumi Diharapkan Menjadi Guide Wisata dan Pengusaha


Lebih jauh kata Herdi, perlu sinergitas seluruh elemen baik Pemerintah dan Masyarakat untuk menjaga keindahan Pantai di Sukabumi agar terbebas dari sampah.


"Kalau pemerintah saja tentu mustahil menyelesaikan masalah sampah ini, perlu komitmen dan kesadaran bersama, baik para pemilik warung atau warga pengunjung sehingga kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk menangani dan menyelesaikan masalah sampah ini" tegasnya.


Herdy mengapresiasi sejumlah komunitas dan warga masyarakat yang telah ikut peduli dalam kegiatan ini.


"Ini yang patut ditiru, lembur urang di jagaan ku urang (kampung kita dijaga oleh kita)" tandasnya.


BACA JUGA : Ratusan Lowongan Kerja di Sukabumi Usai Lebaran 2019


Ditempat terpisah, Denisa Eriska, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyampaikan, pasukan kuning akan terus senantiasa berupaya melakukan bersih bersih di lokasi wisata.


Masih kata Denisa, Komunitas yang ikut serta membantu kegiatan ini diantaranya Komunitas Paguris, My Palabuhanratu, dan TP3TP serta sejumlah komunitas lainnya.


"Armada yang disiagakan selama libur Idul Fitri 12 armada dump truck dengan jumlah personil 60 orang. Khusus untuk wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya kita menambah armada pengangkut sampah dengan 2 pick-up," jelasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi