Pabrik Teh PTPN VIII Goalpara Sukabumi Terbakar

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Pabrik Teh PTPN VIII Goalpara Sukabumi Terbakar
Pabrik Teh PTPN VIII Goalpara Sukabumi Terbakar
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Bangunan Pabrik teh dua lantai milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Goalpara - Sukabumi terbakar pagi dini hari tadi, sekira pukul 04:00 WIB Kamis (20/6/2019).


Dugaan awal, Kebakaran dipicu akibat arus pendek listrik, api diduga merambat ke lantai bangunan berbahan kayu.


Administratur PTPN Nusantara VIII Goalpara, Wawan Purnawarman kepada awak mrdia mengatakan, awal mula kebakaran terjadi dilantai satu gedung pabrik teh.


"Kejadian sekitar jam 04.00 lebih, saya mau berangkat ke Masjid untuk sholat shubuh, tapi seperti biasa saya mengecek dulu pabrik, dan pas dicek ternyata di lantai satu ada titik api," kata Wawan, kepada wartawan, Kamis (20/6/2019).


BACA JUGA : HUT Bhayangkara Polri ke-73 Polresta Sukabumi Bangun 3 Rumah Korban Kebakaran


Wawan membeberkan kronologi terbakarnya Pabrik, saat melihat api, dirinya sempat panik dan memberitahu beberapa pegawai dan security pabrik untuk membantu melakukan pemadaman api.


Namun karena lantai bangunan terbuat dari kayu menyebabkan api cepat membesar dan merambat ke lantai dua bangunan.


Api merambat dengan cepat, tidak memungkinkan untuk ditangani dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sehingga pihaknya meminta bantuan Pemadam Kebakaran.


"Kami mencoba mensentralisir api agar tidak merambat ke ruangan yang lain, lalu kami juga menelpon petugas pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebakaran datang Pukul 05.15 dan api berhasil dipadamkan pada Pukul 06.30, hanya saja proses pendinginan terlihat masih terus dilakukan," jelasnya.


BACA JUGA : Semarakan HUT Bhayangkara ke-73 Polsek Sukalarang Gelar Lomba Tahfidz Al-Quran


Wakapolres Sukabumi Kota, Sulaeman Sarif dilokasi kebakaran mengatakan, pihaknya menduga kebakaran dipicu dari konsleting listrik yang merambat ke tempat pengering teh.


Saat ini Kepolisian masih melakukan olah TKP dan melakukan penyelidikan lebih lanjut insiden ini.


"Semoga tidak ada unsur kesengajaan dan benar-benar hanya dari akibat konsleting listrik saja," pungkasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X