Header AD

Butuh Penanganan Cepat, Tebing Curam SDN Layungsari 1 Bogor Longsor


Tebing SD di Bogor Longsor membahayakan // Foto : Tri


TatarSukabumi.Id - Tidaklah salah jika Kota Bogor dijuluki sebagai Kota Hujan.


Pasalnya, dalam kurun waktu 4 bulan dimusim penghujan lalu, intensitas hujan cukup tinggi nyaris tanpa absen, setiap hari Kota yang juga dikenal dengan Kota Sejuta Angkot diguyur hujan.


Hal ini mengakibatkan sejumlah daerah berpotensi mengalami rawan longsor, salah satunya longsor terjadi di Sekolah Dasar Negeri Layungsari 1 Kota Bogor, Jawa Barat.


"Longsor terjadi bukan hanya sekali, namun sudah terjadi untuk kedua kalinya sejak empat bulan terahir, yang pertama material longsor mengenai satu rumah warga yang ada tepat di belakang sekolah, meski tidak menyebabkan kerusakan fatal, saat itu pihak sekolah beserta dinas pendidikan telah menganti kerugian materil kepada warga yang terdampak langsung longsoran tersebut," beber Kusnadi selaku Kepala SDN Layungsari 1 Bogor saat ditemui TatarSukabumi.ID, Kamis (20/6/2019).


BACA JUGA : Dana Bonus Produksi PT Star Energi, Iyos : Jangan Terjadi Penyalahgunaan Apalagi Tumpang Tindih Proyek


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, tebing yang berada tepat dibagian belakang Sekolah nampak cukup curam, sementara sejumlah rumah penduduk berada tepat dibagian bawah tebing.


Untuk mengantisipasi terjadi longsor susulan, Kepala SDN Layungsari 1 Bogor mengaku telah mengajukan proposal kepada Dinas Pendidikan untuk segera melakukan upaya pencegahan.


Menurut Kusnadi, saat longsor terjadi 4 bulan silam, Dinas Pendidikan Kota Bogor sempat meninjau lokasi longsor dan memberi bantuan penanggulangan sementara berupa terpal untuk menutup areal longsor dengan harapan dapat mengurangi dampak buruk jika terjadi longsor susulan.


Upaya lainnya, Pihak Sekolah telah memasang bambu dan kayu untuk membatasi bibir tebing untuk keselamatan siswa.


BACA JUGA : SMKN 1 Pertanian Cibadak Bantah Lulusan SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di Indonesia


"Namun sampai saat ini sejak laporan dan permohonan upaya penanganan lanjutan untuk mengantisipasi longsor susulan belum terealisasi,"


"Kami berharap kepada dinas terkait agar segera memperbaiki dan segera di dibuatkan turap, agar dapat menahan jika  hal yang tidak diinginkan kembali terjadi. Kami juga sangat menghawatirkan keselamatan anak didik kami, disamping itu agar anak didik kami dapat belajar dengan nyaman dan juga aman bemain saat istirahat." harap Kepsek.


Reporter : Trie Budiana Wijaya
Editor : Dian Syahputra Pasi

Butuh Penanganan Cepat, Tebing Curam SDN Layungsari 1 Bogor Longsor Butuh Penanganan Cepat, Tebing Curam SDN Layungsari 1 Bogor Longsor Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Juni 20, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads