Pilkades Serentak 240 Desa, Bupati Sukabumi : Kades Terpilih Harus Berkualitas

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Pilkades Serentak 240 Desa, Bupati Sukabumi : Kades Terpilih Harus Berkualitas
Pilkades Serentak 240 Desa, Bupati Sukabumi : Kades Terpilih Harus Berkualitas
Banner Dalam Artikel

Bupati Sukabumi Marwan Hamami // Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Sedikitnya 240 Kepala Desa di Kabupaten Sukabumi mengakhiri masa jabatannya.


Dari jumlah keseluruhan 381 Desa se-Kabupaten Sukabumi, 240 Desa mulai memasuki tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dimulai sejak bulan Juni ini hingga November 2019 mendatang.


Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah menyiapkan anggaran senilai 19,2 Milyar rupiah dalam perhelatan pesta demokrasi masyarakat tingkat desa masa jabatan 2019 - 2025.


BACA JUGA : Bingkisan Lebaran Setoples Kue Kacang, Karyawan Garmen di Cicurug Sukabumi Protes Buang Bingkisan


Sejumlah Desa mulai melakukan persiapan, diantaranya membentuk panitia penyelenggara Pilkades, sementara DPMD Kabupaten Sukabumi memastikan, pelaksanaan uji kompetensi, test kesehatan, screening deteksi Narkoba (test urine) dan pembekalan kepada bakal calon kades akan dimulai pada November 2019 mendatang.


Menanggapi pesta demokrasi di tingkat desa se-Kabupaten Sukabumi, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menegaskan, kontestasi ini diharapkan mampu melahirkan Kepala Desa yang mampu menjawab tantangan serta membawa perubahan kearah yang lebih baik.


Untuk menghasilkan Kepala Desa Yang mampu menjawab tantangan, orang nomor satu di Sukabumi Kepada TatarSukabumi.ID menegaskan kandidat Kades harus mengikuti seleksi ketat.


BACA JUGA : Legalisasi Produksi Petasan di Sukabumi, Marwan Hamami Angkat Bicara


Lebih tegas Marwan Hamami mengintruksikan kepada DPMD untuk menseleksi Calon Kades incumbent yang kurang sukses memimpin Desa di masa jabatan sebelumnya, terutama dalam Laporan Pertanggung jawaban keuangan.


"Jangan diterima jika calon Kades LPJ-nya gak bener. (Apalagi) kalau LPJ banyak temuan, jadi, Kepala Desa yang tidak baik seharusnya tidak diterima (menjadi bakal calon kades)," tegas Marwan Hamami, Sabtu (1/6/2019).


BACA JUGA : Marwan Hamami Larang Kendaraan Plat Merah Dipakai Mudik


Marwan Hamami berharap dengan syarat tersebut akan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kades di Sukabumi.


Selanjutnya ketentuan incumbent Kades yang bermasalah untuk tidak diterima kembali menjadi Calon Kades nantinya akan dibahas lebih dalam lagi terkait aturan dan regulasinya.


"Karena hal tersebut diluar normatif, dulu juga (syarat calon kades) saya suruh SMA malah saya yang diprotes, hese (susah) meningkatkan SDM kalau jabatan dipegang oleh orang orang yang tidak mumpuni," tandasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi