Header AD

Bimtek 140 Desa se-Kabupaten Sukabumi, BKAD Warning Tidak Ada Lagi Kades Berurusan Dengan APH



TatarSukabumi.ID - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dari 22 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi mengikuti bimtek (bimbingan teknis) yang dilaksanakan di Hotel Augusta Cikukulu Sukabumi, sejak Selasa (18/6) hingga Sabtu (22/6) mendatang.


Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Antar Kecamatan Kabupaten Sukabumi, Tutang Sutiawan mengatakan Bimtek ini bertujuan untuk mewujudkan Pemerintah Desa yang partisipatif akuntabel, transparan guna mewujudkan pemerintah dan masyarakat desa yang maju, adil, sejahtera profesional dan demokratis.


"Jadi kami (BKAD) memfasilitasi 140 desa mengikuti bimtek peningkatan kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa. Dalam bimtek nantinya akan diberikan pembekalan materi umum dari paparan narasumber diantaranya APH ( aparat penegak hukum) dari Kejaksaan, Tipikor Polres Kota /Kabupaten, Inspektorat, Ahli teknik dinas perkimsih (perencanaan gambar dan RAB) dan DPMD kabupaten Sukabumi," kata Tutang Sutiawan, Selasa (18/6/2019).


BACA JUGA : 6 Desa Dilaporkan Bermasalah, Kajari Sukabumi : Akan Kita Garap Secepatnya


Bimtek ini hanya diikuti 140 desa dari 381 Desa se-Kabupaten Sukabumi, menurut Tutang, sebagian Desa tidak mengikuti kegiatan karena sejak awal perencanaan tidak menganggarkan anggaran untuk Bimtek dan sebagian Desa terkendala akibat masa jabatan kades yang habis di tahun 2019 ini.


Tutang berharap, Kepala Desa dan Jajarannya bisa tetap tabayun, dan mengantisipasi untuk tidak melakukan penyelewengan dana desa.


Tutang Sutiawan


"Yang paling pokok, saya warning, kedepan tidak ada lagi kepala desa yang berurusan dengan APH, maka terapkan kewajiban seluruh anggaran desa sesuai dengan prosedur protap, juga jangan sekali-kali alergi dengan media sebagai kontrol sosial," tegas Tutang.


BACA JUGA : GMNI Sukabumi : Penerimaan Siswa Baru Sistem PPDB Tindakan Diskriminatif


Disinggung awak media, keterkaitan kegiatan bimtek dengan isu pemanggilan 6 kepala desa oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Tutang memastikan bimtek tersebut tidak ada hubungannya dengan masalah pemanggilan kepala desa.


Menanggapi pemanggilan 6 Kepala Desa oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Tutang angkat bicara.


"Bukan saya sok idealis, sok bersih, ini kan tahun politik jelang Pilkades serentak 240 Desa di Sukabumi, mungkin saja ada incumbent yang akan mencalonkan kembali hingga muncul tuduhan atau dugaan,"


"Hal itu lumrah dilapangan, tetapi ini kan baru tuduhan, nanti terbukti salah tidaknya akan diputuskan oleh pihak pengadilan," tandasnya.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, acara Bimtek dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Iyos Soemantri, Kajari Alek Sumarna , Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tendy Hendrayana, sejumlah Camat dan 140 Desa dari 22 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Bimtek 140 Desa se-Kabupaten Sukabumi, BKAD Warning Tidak Ada Lagi Kades Berurusan Dengan APH Bimtek 140 Desa se-Kabupaten Sukabumi, BKAD Warning Tidak Ada Lagi Kades Berurusan Dengan APH Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Juni 19, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads