Rumah Teduh Sahabat Iin Sukabumi, Rumah Singgah Gratis Bagi Pasien Kurang Mampu

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

Rumah Teduh Sahabat Iin Sukabumi, Rumah Singgah Gratis Bagi Pasien Kurang Mampu
Rumah Teduh Sahabat Iin Sukabumi, Rumah Singgah Gratis Bagi Pasien Kurang Mampu
Banner Dalam Artikel

Rumah Teduh Sahabat Iin di Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Rumah Teduh merupakan rumah singgah bagi Pasien dari kalangan masyarakat kurang mampu yang mengalami kesulitan karena keterbatasan tenaga dan jarak yang cukup jauh, biasanya bagi pasien rujukan dari wilayah Kabupaten ke Kota dan maupun pasien rujukan ke Rumah Sakit di luar Kota.


Rumah Teduh Sahabat Iin merupakan sebuah Yayasan Sosial yang bergerak dibidang kesehatan bagi masyarakat golongan kurang mampu.


Hingga saat ini tercatat sedikitnya 13 Rumah Teduh yang berada di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, Bandung dan 1 Rumah Teduh didirikan di Sukabumi.


BACA JUGA : Seminggu Pasca Pergerakan Tanah Nyalindung Sukabumi Puluhan Rumah Rusak Ratusan Jiwa Mengungsi


Rumah Teduh yang didirikan oleh Iraningsih atau kerap disapa Teh Iin di Sukabumi berada di Jalan Aminta Azmali, Kota Sukabumi tidak jauh letaknya dari RSUD R Syamsudin SH (Bunut) Sukabumi.


Lokasi Rumah Teduh yang tidak jauh dari Rumah Sakit ini dapat memudahkan Pasien selama menjalani masa penyembuhan.


Di Rumah Teduh Sukabumi, memiliki 11 tempat tidur bagi Pasien maupun bagi keluarga penunggu pasien.


BACA JUGA : Jualan Sesuai Syariat Islam, Jongko Barokah Sukabumi Beri Pinjaman Lunak 36 Juta Rupiah


Pasien pengguna BPJS maupun Pasien yang mengidap penyakit yang tidak tercover oleh BPJS seluruhnya seluruhnya akan dibantu dengan kemampuan Rumah Teduh dalam hal pembiayaan.


Ditemui TatarSukabumi.ID salah seorang pegiat sosial Rumah Teduh Sukabumi, Irman mengatakan, bagi pasien yang mengalami keluhan tidak bisa berobat maka akan dibantu secara adminitrasi oleh Rumah Teduh Sahabat Iin secara gratis dan sukarela.


Bahkan untuk Pasien yang harus dirujuk ke Rumah Sakit tertentu, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung misalnya, seluruh biaya operasional dan selama di  Rumah Teduh untuk peristirahatan dan singgah disediakan secara gratis.


"Jika ada pasien yang harus berobat ke Rumah Sakit rujukan misal RSHS Bandung atau Rumah Sakit lain yang berada di Bandung, semuanya ditempatkan di Rumah Teduh untuk istirahat dan singgah, untuk mempermudah pengobatan agar tidak terlalu jauh dari RSHS dan semua biayanya gratis," jelas Irman, Kamis (2/5/2019).


BACA JUGA : Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Sukabumi


Masih kata Irman, di Bandung terdapat 11 Rumah Teduh dengan kapasitas tampung mencapai 200 tempat tidur.


"Seluruh biaya dan operasional Rumah Teduh didanai oleh donasi dari dermawan yang menitipkan hartanya untuk disedekahkan kepada kaum Dhuafa," tandasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X