Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Sempat Tertahan, KPU dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi Akhirnya Sepakat

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Sempat Tertahan, KPU dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi Akhirnya Sepakat
Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Sempat Tertahan, KPU dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi Akhirnya Sepakat
Banner Dalam Artikel

Rapat Pleno penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Sukabumi // Foto : Rapik Utama

Rapat Pleno penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Sukabumi // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi angkat bicara terkait ketidak hadirannya di hari kedua rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019).


 
Bawaslu Kabupaten Sukabumi menilai telah terjadi kesalahan prosedur terkait tata cara rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat PPK di seluruh kecamatan se-Kabupaten Sukabumi, hal ini tidak sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2019 Pasal 11 ayat 2  huruf c Jo Pasal 17 ayat 2.


 
“Kesalahan  prosedur tersebut yakni mengenai prosedur rekapitulasi yang seharusnya rekap dilakukan berdasarkan hasil penghitungan suara di tiap TPS pada wilayah kelurahan/desa, namun pelaksanaan rekapitulasi dilakukan dengan hanya membacakan hasil perolehan di tingkat kelurahan atau desa saja,” ungkap Komisioner Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Nuryamah dalam rilisnya, Rabu (1/5/2019).


BACA JUGA : Rekapitulasi Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Sukabumi Dilaksanakan 29 April 2019, Seperti Ini Teknisnya


 
Selanjutnya, Bawaslu kembali bersurat kepada KPU Kabupaten Sukabumi tertanggal 26 April 2019 tentang rekomendasi proses rekapitulasi penghitungan suara ulang di Tingkat Kecamatan (PPK).


Menanggapi surat Bawaslu, KPU Kabupaten Sukabumi membalas surat jawaban yang dikeluarkan pada 28 April 2019, yang berisi bahwa KPU Kabupaten Sukabumi tidak akan melaksanakan rekomendasi rekapitulasi ulang tingkat PPK se-Kabupaten Sukabumi.


 
"Kami bersurat kembali kepada KPU Kabupaten Sukabumi pada tanggal 29 April 2019 dengan Nomor 167/ Bawaslu-Prov.JB/16/HM.02.00/IV/2019 perihal rekomendasi proses penghentian rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di Tingkat KPU Kabupaten Sukabumi, yang diiringi dengan sikap tidak hadir pada Pleno tersebut,” tandasnya.


BACA JUGA : Terungkap! Lubang Raksasa Misterius di Sukabumi Akibat Awan Panas atau Sungai yang Tertutup Aktivitas Gunung Api


Nuryamah menegaskan KPU Kabupaten Sukabumi harus menjalankan rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu Kabupaten Sukabumi.


Nuryamah membeberkan, hal ini sesuai dengan Pasal 18 huruf i Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum yang berbunyi KPU Kabupaten bertugas untuk menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh Bawaslu, dan Junto Pasal 20 huruf j bahwa KPU Kabupaten berkewajiban melaksanakan dengan segera putusan Bawaslu Kabupaten Sukabumi.


 
Jawaban KPU Kabupaten Sukabumi tertanggal 30 April 2019 menyatakan bahwa KPU Kabupaten Sukabumi akan melaksanakan rekomendasi Bawaslu terkait proses rekapitulasi ulang di tingkat kecamatan, namun secara teknis prosedur rekapitulasi di tingkat kecamatan KPU Kabupaten Sukabumi akan mengikuti arahan KPU Provinsi Jawa Barat.


BACA JUGA : May Day 2019 Sukabumi, Tercacat 6 Ribu Karyawan Sukabumi Kena PHK


 
Dengan keputusan tersebut, Bawaslu Kabupaten Sukabumi mengapresiasi langkah KPU Kabupaten Sukabumi, Nuryamah meminta seluruh saksi peserta Pemilu untuk dapat mengawal proses rekap sesuai prosedur dengan menjaga ketertiban.


"Kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap tenang, dan menghormati proses rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sukabumi," tegasnya.


BACA JUGA : Pemindahan Ibukota Jakarta Oleh Jokowi Merupakan Gagasan Soekarno


Semenatar itu, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman menyatakan pihaknya telah melaksanakan rekomendasi penghitungan ulang di tingkat kecamatan sesuai arahan Bawaslu.


"Kita sudah menyalin C1 hologram ke dalam DAA1 dan DA1 Plano disaksikan langsung Bawaslu Kabupaten Sukabumi, dan Panwascam di masing-masing kecamatan. Kita sudah melaksanakannya tadi malam. Dan kini pleno sudah berjalan kembali," terang Ferry.(*)


Reporter : Isep Panji// Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X