Program Pengembangan Usaha BUMDes Bojong Sukabumi

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

Program Pengembangan Usaha BUMDes Bojong Sukabumi
Program Pengembangan Usaha BUMDes Bojong Sukabumi
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Pemerintah Desa Bojong Kecamatan Cikembar Sukabumi melaksanakan program pemberdayaan dan pelatihan managemen BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).


Pengurus BUMDes Bojong, Nanang (55) mewakili ketua Udin Hasanudin mengatakan BUMDes Bojong telah berdiri selama 5 tahun dengan program pengembangan usaha di bidang perikanan budi daya ikan lele, pelayanan pengadaan air bersih, dan pengelolaan pasar desa.


BACA JUGA : 93 Pelajar Ikut Terdampak Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi


Masih kata Dia, sesuai zona tata ruang kawasan Kecamatan Cikembar sebagai wilayah agrobisnis, dengan potensi pertanian, BUMDes saat ini membina 2 kelompok tani, Karya Tani dan Poktan Kopojaya dengan jumlah anggota 70 warga.


Lebih jauh Nanang mengatakan, pada tahun 2018 BUMDes telah melakukan kerjasama dengan Petani Manggis di wilayah setempat dan menggelontorkan modal kepada petani manggis hingga 100 juta rupiah.


"Banyak petani masih berharap bantuan pengadaan kebutuhan pertanian seperti obat-obatan, pupuk, panyiangan, mesin babat hand preyer. Guna wujudkan hal tersebut kami terus berkoordinasi dengan pemerintah agar bisa mendapatkan pembinaan lanjutan," jelas Nanang, Sabtu (4/5/2019).


BACA JUGA : Gadis Cantik Asal Sukabumi Juara Tilawah Alquran Tingkat Provinsi Hingga Tingkat Dunia


BUMDes Bojong juga melakukan pengelolaan Pasar Desa dengan jumlah 24 unit kios, dengan sistem sewa penghitungan penghasilan 60 % masuk kedalam Pendapatan Asli Desa (PADes) dan 40% lainnya masuk BUMDes.


"Bila diakumulasikan, aset BUMDes  diperkirakan kurang lebih 200 juta termasuk membantu PADes tahun 2018 senilai 30 juta, dan 2019 naik menjadi 40 juta," jelas Nanang.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X