Header AD

Potensi Penerimaan Zakat Mal di Sukabumi Mencapai 1,4 Triliun


TatarSukabumi.ID - Antusias masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk membayarkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dinilai masih cukup minim.


Masyarakat umum lebih cenderung memilih membayar zakat secara perorangan secara langsung tanpa melalui lembaga pengumpul zakat yang dikelola pemerintah, Minggu (26/5/2019).


BACA JUGA : Bukber Terbesar di Indonesia, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah se-Jabar Ciptakan Kesejukan dan Kerukunan


Wakil Ketua II Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian Baznas Kabupaten Sukabumi, Endin Badruddin Usman mengatakan, potensi perolehan zakat mal (zakat harta) di Kabupaten Sukabumi diperkirakan bisa mencapai 1,4 triliun rupiah.


Namun hingga saat ini, Baznas Kabupaten Sukabumi hanya mampu mengumpulkan zakat diangka 14 Milyar rupiah.


"14 milyar yang diterima itu 80 % berasal dari PNS (Pegawai Negeri Sipil) sedangkan sisanya dari masyarakat umum," kata Endin diruangan kerjanya belum lama ini.


BACA JUGA : Gadis Cantik Asal Sukabumi Juara Tilawah Alquran Tingkat Provinsi Hingga Tingkat Dunia


Endin mencontohkan pengumpulan zakat mall diwilayah kecamatan Cisaat, dari sekitar 121 ribu jiwa jumlah penduduk Kecamatan Cisaat, perolehan zakat mal yang masuk ke Baznas Kabupaten Sukabumi hanya dari dua Masjid dengan jumlah perolehan kurang dari 6 juta rupiah.


"Hanya dari 2 Masjid, dari DKM Annasir Cibolang kaler lima juta dua ratus ribu, dan DKM Tarbiatul Sunnah di Kampung Baru Cibaraja hanya empat ratus Limapuluh ribu," jelas Endin.


BACA JUGA : Zakat Pejabat Sukabumi Diluar Gaji dan Tunjangan


Dengan demikian, kata Endin, hal ini berdampak kepada kurang maksimalnya penyaluran zakat kepada 8 Asnaf, seperti pada Tahun 2019 ini, hanya 1 Masjid dari setiap desa / kelurahan di Sukabumi yang mendapat insentif sebesar 1 juta rupiah setiap tahunnya.


386 Masjid yang mendapat insentif terbilang sangat sedikit dibanding dengan total 5000 Masjid Jami yang berada diwilayah Kabupaten Sukabumi.


"Idealnya, kami mau setiap tahun seluruh imam Masjid (5000) bisa mendapatkan insentif, namun karena pencapaian target zakat belum terealisasi sepenuhnya maka pembagian dilakukan secara bergilir," jelas Endin.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Potensi Penerimaan Zakat Mal di Sukabumi Mencapai 1,4 Triliun Potensi Penerimaan Zakat Mal di Sukabumi Mencapai 1,4 Triliun Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, Mei 26, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads