Header AD

Pemkab Sukabumi Menetapkan Ketentuan yang Wajib Dilaksanakan Selama Bulan Ramadhan

gambar ilustrasi // Foto : Pixabay


TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) bersama Perwakilan sejumlah Perusahaan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan perwakilan beberapa Ormas Islam, serta Perwakilan Serikat Pekerja menyepakati hasil musyawarah berkaitan dengan menjaga ketenteraman, ketertiban dan kesucian Bulan Ramadhan 1440 Hijriah, Jumat (3/5/2019).


Bagi seluruh warga Sukabumi khususnya dihimbau agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan hidup beragama dan antar umat beragama dalam menghormati kesucian Bulan Ramadhan.


Kesepakatan lainnya, kepada seluruh Masyarakat dihimbau untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dengan tidak cepat terprovokasi oleh berita dan kejadian yang belum bisa dipertanggung jawabkan dan menyerahkan sepenuhnya kepada penegak hukum dalam penertiban dan penegakan aturan sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Apabila terjadi indikasi atau hal-hal yang diperkirakan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan sweeping dan tindakan anarkis yang bertentangan dengan hukum.


BACA JUGA : Jualan Sesuai Syariat Islam, Jongko Barokah Sukabumi Beri Pinjaman Lunak 36 Juta Rupiah


Berikut ini sejumlah peraturan lain yang telah menjadi ketetapan bersama agar dipatuhi seluruh masyarakat sepanjang bulan Ramadhan.


Bagi pengusaha Restoran dan Rumah Makan atah sejenisnya agar memulai kegiatan usahanya dari pukul 16.00 WIB sore hingg pukul 04.00 WIB pagi.


Bagi usaha perhotelan agar lebih selektif dalam menerima tamu, khususnya bagi tamu berpasangan yang bukan suami isteri dan tidak memperjual belikan atau menjadikan tempat untuk mengkonsumsi minuman beralkohol atau narkoba sesuai ketentuan yang berlaku.


Bagi usaha hiburan seperti Cafe, Karaoke, Pub dan atau hiburan malam yang sejenisnya agar menutup kegiatan usahanya dari 7 hari sebelum bulan Ramadhan hingga 7 hari sesudah Idul Fitri.


Dilarang memperjualbelikan dan menyalakan mercon/petasan selama Bulan Ramadhan.


BACA JUGA : Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Sukabumi


Ketentuan lain yang dibahas di bidang ketenagakerjaan dan jam kerja karyawan, hasil kesepakatan bersama seluruh unsur, menghimbau agar Pihak terkait dapat mentaati pemberlakuan jam kerja 7 jam/ hari atau 40 jam/minggu.


Ketentuan lain yang telah disepakati diantaranya, kepada setiap perusahaan diharapkan jam kerja bisa berakhir pada pukul 16.30 WIB, untuk memberi keleluasaan bagi Karyawannya menunaikan ibadah di Bulan Ramadhan, khususnya shaat Maghrib dan berbuka puasa.


Namun apabila keadaan memaksa sehingga para pekerja diharuskan melaksanakan kerja malam (lembur), maka dapat dilaksanakan dengan ketentuan perusahaan wajib memberikan fasilitas dan keleluasaan kepada para pekerja untuk melaksanakan ibadah buka puasa, sholat maghrib, shalat isya dan shalat tarawih setelah berkoordinasi dengan Posko Tertib Ramadhan ditingkat Kecamatan, dan apabila diberlakukan jam kerja sistem shift, maka Karyawan tetap diberikan keleluasaan melakukan ibadah dan menjamin kesehatan dan keselamatan pekerja.


Perusahaan juga dilarang menyediakan makanan dan minuman serta menyediakan fasilitas bagi penjual makanan/minuman diwaktu siang hari salama Bulan Ramadhan, dan pekerja agar diberikan keleluasaan dan dukungan sarana penunjang dalam melaksanakan ibadah sebagaimana agama dan keyakinan masing-masing.


BACA JUGA : Makna BBGRM Sukabumi Dimata Marwan Hamami


Memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) 1 (satu) Minggu sebelum hari raya dengan berpedoman kepada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya.


Kepada pihak Perusahaan agar memasang baligho didepan perusahaanya yang memuat tentang isi kesepakatan bersama ini.


Apabila perusahaan melakukan pelanggaran terhadap aturan dan kesepakatan yang berlaku, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pemkab Sukabumi Menetapkan Ketentuan yang Wajib Dilaksanakan Selama Bulan Ramadhan Pemkab Sukabumi Menetapkan Ketentuan yang Wajib Dilaksanakan Selama Bulan Ramadhan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Mei 03, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads