Header AD

Pasca Ledakan Mercon di Pasar Sukabumi, Satpol PP Periksa Izin Distributor dan SIUP Pedagang

Satpol PP Kota Sukabumi periksa izin distributor dan SIUP Pedagang petasan

Satpol PP Kota Sukabumi periksa izin distributor dan SIUP Pedagang petasan


TatarSukabumi.ID - Pasca ledakan Mercon (Petasan) di Pasar Sukabumi yang mengakibatkan 6 Korban dilarikan ke Rumah Sakit, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi melakukan pemeriksaan izin distributor petasan dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sejumlah toko di Kota Sukabumi (14/5/2019).


Sidak tersebut berdasar kepada Undang -undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, PP Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satpol PP, dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2011 Tentang SOP Satpol PP.


BACA JUGA : Mobil Pembawa Mercon Meledak di Sukabumi


Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Penegak Peraturan Daerah, Satpol PP Kota Sukabumi, Ajat Sudrajat disela kegiatan pemeriksaan sejumlah pedagang  Kembang Api dan Petasan.


"Selain itu, kegiatan tersebut untuk menjalankan Perda nomor 2 Tahun 2004 Tentang Ketertiban Umum, Perda nomor 7 Tahun 2014 Tentang PPNS dan Perwal nomor 11 Tahun 2013 tentang Tertib Ramadhan, serta Perwal nomor 46 Tahun 2016 tentang SOTK Satpol PP Kota Sukabumi," beber Ajat, Kamis (14/5/2019).


BACA JUGA : Situasi Terkini Pasca Ledakan Petasan di Sukabumi


Dalam kegiatan ini, riksa izin distributor petasan dilakukan di tiga toko Kota Sukabumi, diantaranya Toko Samudra di Jalan Ahmad Yani, dan 2 Toko dijalan Stasiun Timur, yakni Toko Sinar Abadi dan Toko Rizky Jaya.


Lokasi ledakan petasan di Pasar Sukabumi dipasang garis kuning Polisi

Lokasi ledakan petasan di Pasar Sukabumi dipasang garis kuning Polisi


"Dari ketiga toko tersebut, dua diantaranya sudah memiliki izin dari Dir Intelkam Polda Jabar, sedangkan untuk satu sisanya yaitu Toko Rizky Jaya belum bisa memperlihatkan izin karena saat kegiatan pemilik toko tidak ada ditempat," terang Ajat.


Riksa izin distributor petasan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, karena izin tersebut berhubungan dengan layak atau tidaknya toko tersebut mendistribusikan petasan yang berkaitan dengan faktor keamanan.


BACA JUGA : Korban Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Warungkiara Sukabumi


Selain Riksa Izin distributor, Satpol PP juga melakukan pemeriksaan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).


"Kegiatan ini akan dilakukan secara berkala, dan jika ditemukan ada toko yang terbukti tidak memiliki izin, kami akan koordinasikan dengan Polresta Sukabumi Kota untuk segera ditindak," tegasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Pasca Ledakan Mercon di Pasar Sukabumi, Satpol PP Periksa Izin Distributor dan SIUP Pedagang Pasca Ledakan Mercon di Pasar Sukabumi, Satpol PP Periksa Izin Distributor dan SIUP Pedagang Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Mei 14, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads