Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan Seluruh Peserta JKN-KIS Bisa Mendapat Layanan Dimanapun

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan Seluruh Peserta JKN-KIS Bisa Mendapat Layanan Dimanapun
Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan Seluruh Peserta JKN-KIS Bisa Mendapat Layanan Dimanapun
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberi pelayanan dan kemudahan kepada seluruh Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2019/1440 Hijriah.


BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS di fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk BPJS Kesehatan selama Lebaran bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota.


Pelayanan ini diberlakukan sejak 29 Mei hingga 13 Juni 2019 atau H-7 sampai H+7 Lebaran 2019.


BACA JUGA : Tidak Semua Pasien BPJS Dilayani RSUD Sekarwangi Cibadak, Inilah Ketentuannya


"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (pemerintah/swasta). Untuk daftar ke FKTP tersebut, dapat dilihat melalui aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center dinomor telepon 1500 400,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Yasmine Ramadhana Harahap dalam Konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Senin (27/5/2019).


BACA JUGA : Seluruh Juru Parkir di Sukabumi Dipastikan Terdaftar di BPJS


Masih kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, maka peserta JKN-KIS dapat dilayani di Unit IGD Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.


"Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS," tegas Yasmine.


Namun, seluruh peserta JKN-KIS yang akan dilayani diwajibkan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, salah satunya pelayanan kesehatan hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaan yang aktif.


"Tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta," tegas Yasmine.


Yasmine mengingatkan, peserta JKN-KIS untuk disiplin dalam membayar iuran BPJS Kesehatan.


Hal lainnya menurut Yasmine, kepada Pemudik diminta untuk selalu membawa kartu JKN-KIS untuk mempermudah saat mendapat pelayanan.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X