Header AD

Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Sukabumi

Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Al Fath Sukabumi

Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Al Fath Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Seni bela diri Pencak Silat ternyata cukup populer dikalangan masyarakat Netherland (Belanda).


Pasalnya lebih dari 60 padepokan (perguruan) silat telah didirikan di Negara yang dikenal dengan Negeri Kincir Angin tersebut.


Perguruan Pencak Silat di Belanda tergabung dalam Netherland Pencak Silat Federation (NPSF).


BACA JUGA : Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harganya Selangit


"Yang sudah tergabung dalam (NPSF) sebanyak 40 perguruan dan tahun 2019 ini sudah ada empat sampai lima calon yang akan bergabung, diperkirakan akan tergabung menjadi 45 perguruan pada akhir tahun 2019," ujar Ketua NPSF, Oliver seorang Bule warga Negara Belanda yang ditemui TatarSukabumi.ID dalam acara Mudakaroh Pendekar Internasional yang digelar di Ponpes Al-Fath 1 Mei 2019 kemarin.


Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Al Fath Sukabumi

Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Al Fath Sukabumi


Rencananya pada tahun 2019, Ketua NPSF akan merekrut sebanyak mungkin perguruan silat di Negara Belanda untuk mengadakan kompetisi bersama, bertukar pikiran untuk meningkatkan pencak silat di Belanda menuju kompetisi Internasional.


"Kami akan mengembangkan (Silat) secara global hingga di belahan Benua Eropa," ujar Pendekar Oliver.


BACA JUGA : Terungkap! Lubang Raksasa Misterius di Sukabumi Akibat Awan Panas atau Sungai yang Tertutup Aktivitas Gunung Api


Menurut Oliver, perguruan pencak silat di Indonesia cukup beragam dan memiliki ciri khas yang unik dan beragam.


"Sukabumi, Cianjur, Bogor dan kota lainya mempunyai gaya sendiri, disini ada yang gaya Sukabumi tapi tidak ada keberatan untuk tukar pikiran dengan kota lain, dan itu bertambah baik untuk meningkatkan kualitas silatnya," jelas Dia.


BACA JUGA : Jualan Sesuai Syariat Islam, Jongko Barokah Sukabumi Beri Pinjaman Lunak 36 Juta Rupiah


Disinggung mengenai potensi Pesilat Sukabumi, Oliver memastikan Pesilat Sukabumi berpotensi untuk go Internasional, pasalnya pencak silat Sukabumi mempunyai ciri khas yang unik dan bisa bersaing dengan silat dari beberapa negara lainya.


"Semua pencak silat dari daerah masing-masing ada kelebihannya dengan jurus-jurus yang khas, dan gaya yang sangat bagus, pasti di Amerika, Inggris, Belanda, Prancis akan senang," beber Oliver.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Sukabumi Mudakaroh Pendekar Silat Internasional di Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Mei 02, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads