May Day 2019, Ketua Apindo : Untuk Buruh Sukabumi Kami Sudah Banyak Berbuat

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

May Day 2019, Ketua Apindo : Untuk Buruh Sukabumi Kami Sudah Banyak Berbuat
May Day 2019, Ketua Apindo : Untuk Buruh Sukabumi Kami Sudah Banyak Berbuat
Banner Dalam Artikel

Ketua Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Sukabumi, Ning Wahyu Astuti


TatarSukabumi.ID - Ribuan Buruh Sukabumi dibawah panji panji serikat buruh memperingati hari buruh internasional May Day 2019 yang terpusat di Monumen Perjuangan Palagan Bojongkokosan, Rabu (1/5/2019).


May Day 2019 Sukabumi yang bertajuk May Day Is Creative Day, melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan hubungan industrial yang harmonis dan Kondusif.


Bupati Sukabumi, Marwan Hamami disela acara mengatakan, momentum hari Buruh harus dapat disikapi bersama tentang nilai penting komitmen hubungan industrial tripartit antara serikat buruh, asosiasi pengusaha dan pemerintah untuk mengurai permasalahan yang terjadi.


Dandim, Bupati Sukabumi, Kapolres dan Perwakilan Seikat Buruh // Foto : Rapik Utama


"Dengan tagline Sukabumi Ngahiji dalam kebersamaan, mari kita yakini 'bangunlah jiwa dan raganya' agar hubungan industrial disukabumi bisa harmonis terpelihara, kondusif, hingga investor dan buruh merasa nyaman," ujar Marwan Hamami, Rabu (1/5/2019).


BACA JUGA : May Day 2019 Sukabumi, Tercacat 6 Ribu Karyawan Sukabumi Kena PHK


Kegiatan May Day kali ini diisi dengan dialog interaktif antara unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, Perusahaan dan Buruh (Tripartit) terkait sejumlah permasalahan yang dihadapi.


Dalam sesi dialog, beberapa permasalahan yang dibahas diantaranya mengenai fenomena 90% buruh Sukabumi yang masih berstatus kontrak, maraknya rentenir dilingkungan perusahaan, perusahaan yang dinilai kurang memenuhi hak-hak buruhnya, sistem outsourching, pengupahan, dan pembayaran THR jelang Idul Fitri mendatang.


Ketua Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Sukabumi, Ning Wahyu Astuti, saat disinggung menanggapi seluruh permasalahan yang terjadi dikalangan Buruh, Dirinya meyakini dengan ketekunan seluruh permasalahan bisa teratasi.


"Untuk Buruh Sukabumi, Kami sudah banyak berbuat," ungkap Ning dalam orasinya.


BACA JUGA : Pemindahan Ibukota Jakarta Oleh Jokowi Merupakan Gagasan Soekarno


Lebih jauh menurut Ning, kedepannya diharapkan peningkatan kesejahteraan kepada buruh sehingga timbul pengusaha pengusaha baru di Sukabumi yang berasal dari kalangan Buruh.


Masih kata Ning, Pemerintah Daerah telah memiliki program dalam peningkatan kewirausahaan sehingga diharapkan buruh bisa manfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kemampuannya.


"Saya berharap bagaimana kita bersama pemerintah bisa mencetak seorang pengusaha baru dari kaum Buruh," tandasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X