Kopkar Muara Tunggal Sukabumi Bagi-bagi Uang 3,7 Milyar Rupiah

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

Kopkar Muara Tunggal Sukabumi Bagi-bagi Uang 3,7 Milyar Rupiah
Kopkar Muara Tunggal Sukabumi Bagi-bagi Uang 3,7 Milyar Rupiah
Banner Dalam Artikel

Pembagian simpanan Kopkar PT Muara Tunggal Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Koperasi Karyawan PT Muara Tunggal Sukabumi membagikan uang tabungan kepada 1584 anggotanya senilai 3,7 Milyar rupiah.


Kopkar yang berdiri sejak 2008 silam, pada usianya yang ke-11 diyakini telah berhasil mengentaskan permasalahan perekonomian anggotanya.


"Tujuan kopkar yaitu bisa bermanfaat secara berkelanjutan dengan jangka waktu panjang bagi para karyawan sebagai anggota," ujar Ketua Kopkar sekaligus General Manager PT Muara Tunggal, Sudarno Rais, Sabtu (25/5/2019).


BACA JUGA : Layanan Medsos Sementara Waktu Dinonaktifkan, TKI Mengaku Cukup Kesulitan Hubungi Keluarga Via Aplikasi Perpesanan


Disela acara yang dilangsungkan di kantin koperasi PT Muara Tunggal Jalan Perintis Kemerdekaan Cibadak - Sukabumi, Sudarno Rais kepada TatarSukabumi.ID berharap tidak selamanya Karyawan hanya menjadi Buruh atau Pekerja.


"Belum tentu perusahaan masih tetap bisa beroperasi, maka diharapkan mereka bisa membuka usaha sendiri. Karyawan diharapkan mampu mandiri atau secara kelompok menjalankan sebuah usaha yang berpotensi membawa kesejahteraan," harap Sudarno.


Disinggung peran serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Sukabumi dalam menyokong Koperasi Karyawan, Sudarno mengatakan, Apindo senantiasa mendesak seluruh Pihak terutama Perusahaan agar menggalakkan Koperasi untuk memerangi praktek maraknya rentenir (Bank Keliling) dilingkungan Pabrik.


Namun kata Sudarno, meski Apindo yang saat ini beranggotakan 80 pengusaha yang hampir setengahnya bergerak dibidang Industri padat karya (Garmen, Elektronik), Apindo hanya bisa memfasilitasi agar staf, karyawan mauoun serikat bisa masuk menjadi anggota namun tidak bisa memaksa.


"Maraknya praktek rentenir dilingkungan perusahaan rugikan karyawan dan pengusaha, Kamipun sering mendesak semua pihak supaya perusahaan memiliki koperasi, adapun beberapa kendala diantaranya, minimnya kesadaran akan manfaat koperasi, dan masih adanya oknum di level staf managemen perusahaan yang jadi agen praktek rentenir," beber Sudarno selepas pemberian tabungan kepada 6 karyawan yang memiliki simpanan diatas 10 juta rupiah.


BACA JUGA : Kemenkominfo Kembali Buka Akses Aplikasi Perpesanan dan Medsos


Ditempat yang sama, Rusdi Budijanto Utomo selaku Compliance dan Manufacturing Excellent Manager PT Muara Tunggal berharap Pemerintah Daerah dan Dinas terkait ikut mendorong di bentuknya koperasi Karyawan di setiap perusahaan.


Karna menurutnya, salah satu fungsi koperasi adalah menularkan kepada anggotanya tentang tata kelola keuangan yang baik.


"Total jumlah tabungan tahun ini sebesar 3,7 milyar mengalami peningkatan dari tahun lalu sebesar 2,8 milyar. Salah satu barometer keberhasilan anggota koperasi dalam mengelola keuangan mereka adalah dengan memiliki tabungan, artinya setiap bulan mereka berhasil menyisihkan pendapatan untuk disimpan dan akan dibagikan setiap jelang Lebaran Idul Fitri." beber Rusdi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi