Header AD

Keindahan Curug Caweni Cidolog, Legenda Kisah Pilu Janda 99 Kali Menikah

Curug Caweni Cidolog Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Keindahan Air Terjun nan eksotis Curug Caweni sungguh mempesona, salah satu destinasi wisata yang recomended untuk didatangi.


Curug Caweni berjarak sekitar 70 Kilometer dari pusat Kota Sukabumi tepatnya berada di Kampung Cilutung, Desa Cilutung, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


Menelisik lebih jauh Curug Caweni yang konon memiliki legenda menggelitik yang cukup membuat penasaran.


Salah satu ciri khas Curug Caweni adalah penampakan batuan yang berada di aliran air terjun yang nampak menyerupai wajah manusia yang tengah menangis.


Penampakan lain dari air terjun dengan ketinggian 20 meter ini adalah sebuah batu fosil setinggi 7 meter yang berada tepat di tengah jatuhnya air terjun napak menyerupai wajah yang terlihat sedang menunduk.


BACA JUGA : 7 Istilah Unik Lebaran di Sukabumi yang Nyaris Punah, Nomor 6 Masih Terjaga


Informasi terhimpun, dari sejumlah sumber warga setempat yang ditokohkan mengatakan jika konon batu yang menyerupai wajah manusia tersebut adalah perwujudan Arca Caweni.



Arca Caweni adalah merupakan perwujudan seorang Putri Cantik yang konon telah menikah sebanyak 99 kali, Nama Caweni atau cawene dalam bahasa sunda berarti Randa Bengsrat atau janda yang masih suci dan belum pernah melakukan hubungan suami istri.


Malang nasib sang Putri, dari 98 pria yang sempat dinikahinya meninggal dunia, setelah selanjutnya sang Putri bertemu dengan pangeran bernama Prabu Boros Kaso.


BACA JUGA : Tim Arum Jeram Sukabumi Wakili Indonesia Juarai World Rafting Champions 2019 Australia


Saat dikonfirmasi akan legenda Curug Caweni, Herdy Somantri Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Persandian Kabupaten Sukabumi angkat bicara.


"Yang saya dengar begitu, meski ada berbagai versi cerita yang membuat penasaran, namun yang jelas curug caweni memang indah, terlebih saat ini, sejumlah fasilitas dan sarana penunjang bagi wisatawan di tambah" kata Herdi.


Selain saung peristirahatan dan beberapa spot foto yang sangan instagramable, Bima sapaan akrab Herdy menambahkan, pengunjung bisa menikmati dan memesan paket nasi liwet khas Cidolog.


"Untuk tiket masuk, ditahun 2019 masih di harga 10 ribu rupiah, kawasan wisata Curug Caweni dikelola oleh karang taruna dan Pemdes untuk kebersihan dan perawatan kawasan" jelas Bima.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Keindahan Curug Caweni Cidolog, Legenda Kisah Pilu Janda 99 Kali Menikah Keindahan Curug Caweni Cidolog, Legenda Kisah Pilu Janda 99 Kali Menikah Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Mei 30, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads