Gelar Pasukan Jelang Lebaran, One Way Jakarta Satu Arah Seluruh Kendaraan Masuk Sukabumi

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Gelar Pasukan Jelang Lebaran, One Way Jakarta Satu Arah Seluruh Kendaraan Masuk Sukabumi
Gelar Pasukan Jelang Lebaran, One Way Jakarta Satu Arah Seluruh Kendaraan Masuk Sukabumi
Banner Dalam Artikel

Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019 Polres Sukabumi Kota


TatarSukabumi.ID - Polres Sukabumi Kota  menggelar apel pasukan dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2019 di Terminal tipe C Kota Sukabumi, Selasa (28/5/2019).


Gelar pasukan gabungan TNI/Polri, Dishub dan sejumlah dinas terkait Kota Sukabumi ini dihadiri Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi,  Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Chondro dan Dandim 0607 Sukabumi Letnan Kolonel Kav Mujahidin.


Operasi Ketupat Tahun 2019, dinilai berbeda dengan kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya, hal ini ditegaskan Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo kepada awak media usai gelar pasukan.


"Karena sekaligus bertepatan dengan Pemilu, sehingga akan dilaksanakan dua kegiatan sekaligus, yaitu operasi Martabrata dan Operasi Ketupat Lodaya. Untuk operasi ketupat ini jajaran polres Sukabumi Kota menurunkan 800 personel gabungan antara TNI, Polri dan instansi dari pemerintah Kota Sukabumi," kata AKBP Susatyo (28/5/2019).


BACA JUGA : BNNK Sukabumi Pastikan Arus Mudik Lebaran Bersih Narkoba


Menyikapi permasalahan one way (satu arah) yang apabila diperlukan akan diberlakukan, Kapolresta memastikan Pihaknya telah menyiapkan petugas baik dijalur utama dan jalur alternatif.


"Apabila diberlakukan satu arah dari Jakarta maka ada kemungkinan seluruh kendaraan akan memasuki Sukabumi,"


"Untuk antisipasi hal itu, kami sudah menyiapkan baik itu sarana maupun personel untuk memperlancar, kami menggelar tiga pos keamanan dan dua pos peristirahatan," beber Susatyo.


BACA JUGA : Legalisasi Produksi Petasan di Sukabumi, Marwan Hamami Angkat Bicara


Susatyo menghimbau kepada masyarakat pemudik untuk selalu memperhatikan barang bawaan, serta memastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman terkunci.


"Juga perhatikan keamanan kendaraan, pastikan kendaraan siap dan layak untuk digunakan," himbaunya.


Disinggung terkait rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan jelang arus mudik di Kota Sukabumi, Susatyo mengatakan Pihaknya saat ini masih melakukan pemantauan, untuk rekayasa lalu lintas akan diberlakukan tentatif melihat perkembangan arus ledakan kendaraan.


"Kami telah berkoordinasi dengan Dishub, mungkin akan ada rute yang akan kita berlakukan satu arah, saat ini kendaraan besar sudah kita alihkan melalui Jalur Lingkar Selatan, jadi nanti khususnya tengah kota, walaupun jalan lambat tapi dia (kendaraan) masih bisa berputar." tandasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi