Header AD

Bagi-bagi Zakat dengan Uang Palsu Senilai Belasan Juta, Petani di Sukabumi Terancam Penjara

Pelaku penyebaran belasan juta uang palsu di Sukabumi // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Op (45) warga Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, terpaksa meringkuk dibalik jeruji besi Polsek Caringin.


Pasalnya, dengan alasan bagi-bagi zakat senilai belasan juta rupiah, Op membagikan uang palsu (upal) kepada masyarakat Kampung Jawura, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Saat ditemui awak media, Kapolsek Caringin, Rafik Rahardiansyah mengungkapkan, Pelaku tertangkap saat membagikan belasan juta rupiah upal pada Kamis (9/5) silam.


BACA JUGA : Lain Dulu Lain Sekarang, Perang Sarung Ekstrem di Sukabumi Pakai Batu Besi dan Gir Motor


Kepada TatarSukabumi.ID, Kapolsek Caringin mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman kasus bagi bagi uang yang dilakukan Pelaku.


Ditemui di Mapolsek Caringin, Rafik Rahardiansyah membeberkan, saat ini Pelaku memilih bungkam, Op mengaku tidak tahu jika uang yang dibagikannya adalah uang palsu dan Pelaku juga mengaku tidak mengenal si pemberi uang.


"Op mengaku, tidak tahu percis siapa sosok pemberi uang palsu. Hanya saja, Dia dikasih uang oleh seseorang pemotor dan menyuruh uang palsu itu dibagikan kepada masyarakat," ungkap, Rafik, Jumat (17/5/2019).


BACA JUGA : Dinilai Inkonstitusional, MUI Kota Sukabumi Tolak People Power


Barang bukti Upal yang berhasil disita Polsek Caringin berjumlah 12,7 juta rupiah, terdiri dari 65 lembar uang pecaha 100 ribu, dan 124 lembar uang pecahan 50 ribu rupiah.


"Op bekerja sebagai petani, diberi uang yang dibungkus plastik warna merah dan hitam oleh pemotor usai menjalani aktivitasnya berkebun," jelas Kapolsek Caringin.


Akibat perbuatan yang dilakukan Pelaku, Op diancam dengan Pasal 36 ayat 3 dan ayat 2 UU RU nomor 7 tahun 2011 tentang uang sengan ancaman maksimal mengedar atau membelanjakan uang palsu bisa dijerat dengan hukuman 15 tahun kurungan penjara.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Bagi-bagi Zakat dengan Uang Palsu Senilai Belasan Juta, Petani di Sukabumi Terancam Penjara Bagi-bagi Zakat dengan Uang Palsu Senilai Belasan Juta, Petani di Sukabumi Terancam Penjara Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Mei 17, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads