Anda Terpantau, Hapus Aplikasi VPN Gratis di Handphone

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

Anda Terpantau, Hapus Aplikasi VPN Gratis di Handphone
Anda Terpantau, Hapus Aplikasi VPN Gratis di Handphone
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan normalisasi atas pembatasan sebagian fitur platform media sosial dan pesan instan sejak Sabtu (25/5) siang pukul 13.00 WIB kemarin.


Seiring dicabutnya pembatasan tersebut, maka Kemenkominfo juga mengimbau agar pengguna internet tidak lagi menggunakan aplikasi Virtual Private Network atau VPN.


Pasalnya pada saat diberlakukan pembatasan sejumlah media sosial dan aplikasi perpesanan, pada 22 Mei lalu, banyak pengguna internet yang sengaja memasang aplikasi VPN agar bisa mengakses internet dan lolos dari filter.


BACA JUGA : 6 Bahaya Akses VPN Gratis, Nomor Terakhir Berbau Pornografi


Faktanya, aplikasi VPN gratis dinilai cukup berbahaya, sehingga Kemenkominfo dirasa perlu mengimbau pengguna internet untuk mencopot kembali aplikasi yang sempat terpasang tersebut.


"Kami mengimbau,  agar pengguna telepon seluler atau gadget dan perangkat lain segara menghapus pemasangan (uninstall) aplikasi virtual private network (VPN) agar terhindar dari risiko pemantauan, pengumpulan hingga pembajakan data pribadi pengguna," kata Menkominfo Rudiantara, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/5/2019).


BACA JUGA : Polisi Selidiki Ambruknya Bagian Bangunan Ruko di Cibadak Sukabumi


Lebih jauh Rudiantara mengajak Masyarakat Indonesia untuk memerangi hoaks, ujaran kebencian dan provokasi, serta mengajak semua warganet agar senantiasa menjaga dunia maya untuk kegiatan positif.


"Ayo kita perangi hoaks, fitnah, informasi-informasi yang memprovokasi seperti yang banyak beredar saat kerusuhan,"


"Saya mengajak semua masyarakat pengguna media sosial, instant messaging maupun video file sharing untuk senantiasa menjaga dunia maya Indonesia. gunakan untuk hal-hal yang positif," ujar Rudiantara.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi