590 Warga Binaan Lapas Warungkiara Dapat Remisi, Inilah Syaratnya

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

590 Warga Binaan Lapas Warungkiara Dapat Remisi, Inilah Syaratnya
590 Warga Binaan Lapas Warungkiara Dapat Remisi, Inilah Syaratnya
Banner Dalam Artikel

Lapas Kelas III Warungkiara Kabupaten Sukabumi // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2019 / 1440 H, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Warungkiara Kabupaten Sukabumi megajukan remisi bagi 590  dari 750 warga binaan.


Kalapas Warungkiara, Christyo Nugroho menyebutkan, dari jumlah keseluruhan warga binaan yang ada, jelang lebaran Idul Fitri, hanya 590 warga binaan yang telah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan remisi.


"Remisi akan diberikan setiap hari besar. Misalnya saja, tahun baru, Idul Fitri dan hari besar lainnya,"


"Seperti tahun sebelumnya, hari besar keagamaan, Kami mengajukan remisi khusus (RK) kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kepada warga binaan yang telah memenuhi persyaratan tahun ini kami berikan kepada 590 napi," kata Christyo, Jumat (24/5/2019).


BACA JUGA : 6 Bahaya Akses VPN Gratis, Nomor Terakhir Berbau Pornografi


Masih kata Dia, sejumlah tahapan dan persyaratan harus dilalui dan dipenuhi sehingga warga binaan bisa mendapat remisi.


Syarat dan ketentuan untuk mendapat remisi diantaranya, menjalani minimal enam bulan masa pidana, telah mendapat vonis yang berkekuatan hukum tetap, melengkapi berkas baik petikan, putusan maupun eksekusi jaksa dan syarat wajib utama lainnya adalah berkelakuan baik.


Kalapas Kelas III Warungkiara menegaskan, bagi warga binaan yang tidak berkelakuan baik dipastikan tidak akan mendapat remisi.


"Bahkan remisi yang telah diperoleh dapat dibatalkan jika Napi berbuat ulah atau melanggar aturan sebelum pengumuman remisi diberikan," beber Kalapas Warungkiara.


Setelah memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan tersebut, remisi rencananya akan diserahkan dan diumumkan pada Hari Raya Idul Fitri 2019 / 1440 H mendatang.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi