Header AD

Terungkap! Lubang Raksasa Misterius di Sukabumi Akibat Awan Panas atau Sungai yang Tertutup Aktivitas Gunung Api

Lobang raksasa di Kadudampit Sukabumi // Foto : Isep Panji

Lobang raksasa di Kadudampit Sukabumi // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Sejumlah asumsi tentang keberadaan lubang raksasa misterius yang terbentuk secara tiba tiba di Kampung Legok Nyenang RT 05 /RW  02 Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi mulai terkuak.


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Provinsi Jawa Barat hari ini melakukan sejumlah kajian dan penelitian dilokasi lubang berdiameter 20 meter yang terbentuk secara tiba tiba sekira pukul 04.00 WIB dini hari tadi, Minggu (28/4/2019).


BACA JUGA : Fenomena Lubang Raksasa di Kadudampit Sukabumi Kembali Terjadi


Dr. Edi Mulyadi Kepala Tim tanggap darurat gerakan tanan Badan Geologi Bandung menjelaskan terdapat 2 asumsi terkait proses terjadinya lubang.


Menurut Dia, kemungkinan pertama, lubang terbentuk akibat Sungai bawah tanah yang sempat ada pada masa lalu namun tertutup aktivitas Gunung Api, kemungkinan kedua lobang terbentuk akibat terjadinya rembesan air antar lapisan yang berada dibawah lapisan piroklastik atau biasa juga disebut aliran awan panas.


"Dulunya disini ada basement lama, ada batuan yang biasa disebut piroklastik atau awan panas, yang belum terkonsolidasi, ada yang berupa abu dan ada juga yang berupa kerikil nah melalui celah kerikil itulah air merembes, kalau lapisan batuan yang bersipat abu dan lekat itu air tidak bisa masuk,"


"Kalo awan panasnya basah dan lekat itu sulit ditembus cuman kalau mengandung kerikil maka akan mudah ditembus," jelas Edi mengungkapkan proses terjadinya lubang, Minggu (28/4/2019).


BACA JUGA : Fenomena Lobang Menganga Ditengah Sawah di Sukabumi, Petani Penggarap Ungkap Sejarah


Kemungkinan kedua, diduga sudah sejak lama terdapat aliran sungai namun sempat tertutup akibat aktivitas Gunung Api, akibat desakan air maka Sungai tersebut muncul kembali hingga membentuk lubang.


Lobang raksasa di Kadudampit Sukabumi // Foto : Isep Panji

Lobang raksasa di Kadudampit Sukabumi // Foto : Isep Panji


"Kita lihat ada Sungai bawah tanah, jadi tadinya ini Sungai tertutup endapan Gunung Api kemudian tahun tahun ini sungai ini mengalir lagi,"


"Ini adalah proses biologi aja, ini tadinya Sungai tua, karena ada kegiatan Gunung Api," jelasnya.


BACA JUGA : Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi, 144 Jiwa Tinggal di Tenda Pengungsian


Kepada TatarSukabumi.ID, Edi menjelaskan jika sumber air diduga berasal dari sumber mata air pada bagian atas maupun dari rembesan air sawah disekitar lobang.


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Provinsi Jawa Barat menghimbau agar warga yang berada disekitar lubang yang terbentuk agar selalu waspada.


Diberitakan sebelumnya, lahan pesawahan warga secara tiba tiba amblas membentuk lubang besar dengan mengeluarkan suara gemuruh.


Tidak hanya terjadi hari ini, sebelumnya pada 7 September 2018 lalu, fenomena serupa juga terjadi, lubang misterius terbentuk tidak jauh dari lokasi temuan lobang saat ini.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Terungkap! Lubang Raksasa Misterius di Sukabumi Akibat Awan Panas atau Sungai yang Tertutup Aktivitas Gunung Api Terungkap! Lubang Raksasa Misterius di Sukabumi Akibat Awan Panas atau Sungai yang Tertutup Aktivitas Gunung Api Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, April 28, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads