Header AD

Terhalang Kegiatan Pemilu, Pembangunan Tingkat Desa di Cikembar Tersendat

Ketua Apdesi Cikembar Sudarmat // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Proses penyaluran Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD) tahap awal (1) hingga bulan April 2019 baru diserap oleh 7 Desa dari 10 Desa se-Kecamatan Cikembar.


Ketua Apdesi (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Kecamatan Cikembar, Sudarmat sekaligus sebagai Kepala Desa Bojongraharja angkat bicara.


"Sepengetahuan saya sebagai DPK Apdesi ada beberapa kegiatan pemerintahan desa memang belum selesai terkendala oleh beberapa faktor seperti kemarin terhalang kegiatan Pemilu," ujar Sudarmat, Kamis (25/4/2019).


BACA JUGA : Giliran Warga Gelar Aksi di PT SCG Sukabumi


Menurut Sudarmat, percepatan pembangunan tingkat desa dalam waktu dekat sudah bisa berjalan.


Di Desa yang dia pimpin, dalam minggu ini penyaluran intensif guru ngaji, RT/RW Kader sekaligus pembangunan kegiatan fisik di dua titik berupa rabat beton dan gorong gorong di Kampung Nangerang dan Cibodas akan direalisasikan.


"Untuk desa lain yang memang miliki komitmen yang sama. mungkin akan dilaksanakan secepatnya, mengingat dan menimbang kita terdesak waktu jelang bulan Ramadhan jangan sampai banyak pekerjaan menumpuk," jelas Sudarmat.


BACA JUGA : Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi, 144 Jiwa Tinggal di Tenda Pengungsian


Masih kata Dia, 5 desa diwilayah kecamatan Cikembar saat ini dipimpin oleh Pejabat Kepala Desa sementara (Pjs).


"Dengan sendirinya mereka punya tanggung jawab moral yang cukup besar, harus lebih transparan, akuntabilitas," jelas Sudarmat.


"Sebetulnya mudah tetapi tanggungjawab dan konsekwensinya sangat berat, tinggal bagaimana para kepala desa bisa memiliki komitmen yang sama dalam membangun desanya, dijauhkan dari segala hal yang buruk, seperti korupsi," tandasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Terhalang Kegiatan Pemilu, Pembangunan Tingkat Desa di Cikembar Tersendat Terhalang Kegiatan Pemilu, Pembangunan Tingkat Desa di Cikembar Tersendat Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, April 26, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads