Header AD

Tebing Setinggi 30 Meter Ambruk Putus Jalan dan Timbun Rumah di Sukabumi

Tebing ambruk hantam rumah warga dan putus akses jalan di Kabandungan // Foto : Isep Panji

Tebing ambruk hantam rumah warga dan putus akses jalan di Kabandungan // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Material longsor menghantam rumah warga dan menutup akses jalan penghubung dua desa di Kampung Cimeri RT 03/01, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, sekira pukul 17.45 WIB, Rabu (24/4) kemarin.


Tebing setinggi 30 meter dengan lebar 60 meter ambruk hingga menutup akses jalan Desa Cianaga penghubung Desa Mekarjaya Kecamatan Kabandungan.


Rumah yang dihuni 2 keluarga dengan penghuni 10 jiwa ambruk rusak total diterjang material longsor.


Sementara material longsor menutup 12 meter jalan dengan ketinggian material longsor mencapai 6 meter.


BACA JUGA : Tebing Longsor Hantam Rumah Warga Kabandungan Sukabumi


Ditemui dilokasi bencana, Iwan pemilik rumah membeberkan sempat terjadi retak pada tebing sebelum 2 kali longsor menimbun rumahnya.


"Awalnya retak, lalu jatuh satu kali, yang kedua kali menghantam rumah, pas kejadian semua lagi ada diluar rumah, tidak ada korban jiwa," ujar Iwan, Kamis (25/4/2019).


Ditemui ditempat yang sama Kepala Desa Cianaga, Odang Abidin mengatakan Pemerintah Desa Cianaga saat ini tengah mengangkut seluruh barang yang masih bisa diselamatkan untuk selanjutnya dievakuasi ke rumah mertua korban.


Kepala Desa Cianaga dan Korban Longsor


"Longsor ini akibat hujan deras sejak siang hingga sore, tidak ada korban jiwa saat ini 10 korban mengungsi," jelas Odang.


BACA JUGA : Jalan Ambrol, Sukabumi - Bogor Macet


Menanggapi akses jalan yang terputus, Pemdes Cianaga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Sukabumi untuk menurunkan alat berat.


"Ini akses vital menuju Desa Mekarjaya, hari ini anak anak sekolah kesulitan padahal mau ujian, mereka terpaksa memutar ke arah Kabandungan sekitar 12 Kilometer,"


"Tadi malam kita dengan BPBD kita telah berkoordinasi dengan excavator yang ada di gunung Salak, mereka telah siap, pada hari jumat besok excavator akan dikirim kesini," ujar Odang Abidin.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tebing Setinggi 30 Meter Ambruk Putus Jalan dan Timbun Rumah di Sukabumi Tebing Setinggi 30 Meter Ambruk Putus Jalan dan Timbun Rumah di Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, April 25, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads