Header AD

Penderita Kaki Gajah Huni Rutilahu 2 Meter di Cicurug Sukabumi

Penderita Kaki Gajah huni Rutilahu 2 meter di Cicurug Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi

Penderita Kaki Gajah huni Rutilahu 2 meter di Cicurug Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Kisah miris menimpa Juju Daningsih (62) penderita penyakit Kaki Gajah Kampung Sindang Palay, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


Dimasa tuanya, wanita yang kerap disapa Mak Uju hampir 10 tahun terakhir menderita penyakit Kaki Gajah dan tinggal menghuni rumah yang hanya berukuran 2 meter x 2,5 meter yang jauh dari kata layak huni.


Hal ini diungkap salah satu komunitas penggerak sosial Sahabat Kristiawan Peduli (SKP) yang dimotori oleh Kristiawan Saputra yang tergerak untuk melakukan donasi bagi Mak Uju.


"Mak Uju menderita penyakit kaki gajah, seluruh bagian kaki sebelah kanan mengalami pembengkakan sehingga kesulitan dalam berjalan, kondisi itu sudah dialaminya selama 10 Tahun," ujar Kristiawan Saputra, Kamis (11/4/2019).


BACA JUGA : Rumah Caleg di Sukabumi Terbakar


Menurut Kristiawan, Mak Uju telah menjalani pengobatan rutin sejak 10 tahun terakhir namun penyakitnya masih belum bisa terobati karena terbentur permasalahan ekonomi.


"Tidak bisa membeli obat-obatan yang tidak tersedia di Puskesmas atupun yang bisa dibiayai oleh KIS dan BPJS," ujar Kristiawan kepada TatarSukabumi.ID, Kamis (11/4/2019).


BACA JUGA : Program Indonesia Terang, Pemasangan 2400 PJU Tenaga Surya di Ruas Jalan Lingkungan Desa Sukabumi


Mak Uju menggeluti pekerjaan serabutan sebagai buruh lipat majun yang nantinya akan didistribusikan untuk bengkel, dengan upah seribu rupiah dari setiap kilogram majun yang dia kerjakan.


"Itu pun jika ada kainnya, pekerjaan tersebut tidak rutin, tergantung tersedia atau tidaknya kain," ujar Kristiawan.


BACA JUGA : Perusahaan Hengkang dari Sukabumi Karyawan Terancam PHK, Apindo Angkat Bicara


Kondisi rumah Mak Uju cukup memprihatinkan dengan tempat tidur menyatu dengan dapur tanpa memiliki WC untuk MCK.


Pantang menyerah dan tidak pernah mengeluh dengan apa yang dialami, Mak Uju tetap sabar menjalani hidup meski tinggal menghuni rutilahu.


"Kondisi tersebut tidak membuat dirinya putus asa, tetap sabar dan tidak terlintas sedikitpun dari hati Mak Uju untuk mengemis,"


"Marilah kita membuka mata dan hati untuk membantunya, ini adalah tanggung jawab kita semua, permasalahan kita semua, mari kita bersama-sama berkolaborasi untuk membantu orang-orang yang memerlukan bantuan," pungkasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Penderita Kaki Gajah Huni Rutilahu 2 Meter di Cicurug Sukabumi Penderita Kaki Gajah Huni Rutilahu 2 Meter di Cicurug Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, April 11, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads