Header AD

Masjid Provinsi di Sukabumi Perlu Uji Kelayakan, Belum Difungsikan Sejak Awal Pembangunan

Pembersihan Masjid Provinsi di Sukabumi // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Muspika Cikembar bersama seluruh elemen masyarakat melaksanakan kerjabakti di Masjid Al-Jabbar yang dibangun sejak 2017 silam dari bantuan Provinsi Jawa barat yang berada di jalan Palabuhan II Kampung Mayak Desa Bojongkembar Kecamatan Cikembar kabupaten Sukabumi, Kamis (24/4/2019).


Masjid yang seolah terbengkalai dalam pembangunannya hingga saat ini belum bisa difungsikan.


"Hal ini dilaksanakan atas dasar bentuk keperdulian serta tanggung jawab kita semua melihat kondisi masjid yang tidak terawat dan tidak enak dipandang,"


"Kendati Masjid ini belum bisa difungsikan sebagaimana mestinya, tapi yang pasti kita ingin dengan giat ini bisa berkelanjutan dalam memelihara dan merawat masjid yang begitu megah," ujar Camat Cikembar Tamtam Alamsyah kepada TatarSukabumi.ID, Kamis (24/4/2019).


BACA JUGA : Sukabumi Stadium Tinggi Stunting di Jawa Barat


Camat berharap Masjid dapat terpelihara, karena dengan lokasi yang cukup jauh dari pemukiman warga, dikhawatirkan Masjid disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


"Awal mula kita melihat dari media sosial, dari situ kita terpanggil untuk tidak hanya memberitakan yang kurang baik, sampai masjid ini diserah terima oleh pihak Provinsi," ujar Tam-tam.


Dengan kondisi yang seolah terbengkalai, bangunan Masjid yang belum bisa difungsikan sejak awal pembangunan tahun 2017 silam, saat ini telah mengalami sejumlah kerusakan.


"Kalau kita lihat kondisi kontruksi saat ini, kendati saya bukan ahli konstruksi, bisa lihat bangunan ini dilihat plafon sebagian sudah runtuh, terdapat rembesan air, bila dilihat dari atas lantai bergelombang, kita khawatir nantinya ambrol," ujar Tam-tam.


BACA JUGA : UPKP Kemenag Kota Kabupaten Sukabumi


Dengan kondisi bangunan seperti ini,  Camat Cikembar berharap dilakukan uji kelayakan bangunan Masjid.


"Kami akan minta ahli konstruksi yang berkompeten apakah bangunan layak bila digunakan. Jangan sampai masjid yang begitu megah digunakan nantinya bisa terjadi satu hal yang tidak diharapkan seperti kecelakaan. Makanya kita tetap nanti bisa diuji kelayakan, kalau memang ini harus diperbaiki ya diperbaiki dahulu," tandasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Masjid Provinsi di Sukabumi Perlu Uji Kelayakan, Belum Difungsikan Sejak Awal Pembangunan Masjid Provinsi di Sukabumi Perlu Uji Kelayakan, Belum Difungsikan Sejak Awal Pembangunan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, April 25, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads