Header AD

Kondisi Terkini Dampak Bencana Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi

Kondisi pergerakan tanah di Nyalindung // Foto : Rapik Utama

Kondisi pergerakan tanah di Nyalindung // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi penangganan bencana pergerakan tanah yang melanda Kampung Gunung Batu, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Selasa (30/4/2019).


Dalam laporan rakor yang dipimpin Sekda Sukabumi, Iyos Somantri menjelaskan hingga hari ini, penanganan kepada warga yang terdampak bencana berupa bantuan logistik, air bersih, obat obatan sudah teratasi.


354 warga dari 110 Keluarga saat ini telah meninggalkan rumah kediaman yang terkena dampak pergerakan tanah dan untuk sementara tinggal di tempat pengungsian yang telah disiapkan.


BACA JUGA : Seminggu Pasca Pergerakan Tanah Nyalindung Sukabumi Puluhan Rumah Rusak Ratusan Jiwa Mengungsi


Sesuai regulasi dalam penanganan bencana, untuk dapur umum pengungsi yang telah disiapkan mulai tanggal 23 April 2019 lalu, rencananya akan selesai pada 5 Mei 2019 mendatang.


Setelah tanggal 5 Mei, transisi pemulihan bagi warga terdampak akan dilakukan selama 2 hingga 3 bulan mendatang, yang akan dilakukan oleh panitia lokal tingkat Kecamatan dan Desa.


BACA JUGA : Pemindahan Ibukota Jakarta Oleh Jokowi Merupakan Gagasan Soekarno


Dalam rakor juga dibahas hasil kajian Tim Geologi, terdapat dua upaya mitigasi yang akan dilakukan yakni relokasi warga serta pembangunan rumah tahan gempa (mitigasi struktural).


Memurut Iyos Somatri, Diras Perkimsih Kabupaten Sukabumi rencananya akan menyiapkan 109 unit rumah tahan gempa.


Upaya lainnya dalam jangka pendek, rencananya akan dibangun hunian sementara (Huntara) bagi korban pergerakan tanah di Nyalindung Sukabumi.


"Yang paling penting penanganan jangka panjang, harus mengarah ke sektor ekonomi, karena rata-rata warga setempat berprofesi sebagai petani," jelas Iyos Somantri.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kondisi Terkini Dampak Bencana Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi Kondisi Terkini Dampak Bencana Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, April 30, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads