Header AD

Gempa Bumi Terkini Jawa Barat

sumber foto : BMKG


TatarSukabumi.ID - Gempa Bumi tektonik dirakan dibeberapa wilayah Provinsi Jawa Barat Kamis (11/4/2019).


Dilansir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hasil analisis menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan 5,0 SR yang terjadi tepat pukul 00.37.49 WIB dengan titik pisenter gempabumi terletak pada koordinat 8,25 LS dan 107,29 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 KM arah barat daya Kota Garut, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat di kedalaman 47 KM.


BACA JUGA : Peserta Jalan Sehat Bersama Roemah Djoeang Prabowo Sandi Meninggal Dunia


Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan  Gempabumi dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo -Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.


Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik.


Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di Cibaduyut, Pangalengan, Garut, Cianjur, Ciamis, Sukabumi, dan Bandung pada skala II-III MMI.


BACA JUGA : Jalan Cikembar - Jampang Tengah Dipastikan Mulus Pada September 2019


Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.


Hingga pukul 01.00 WIB dini hari tadi, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Sian Syahputra Pasi

Gempa Bumi Terkini Jawa Barat Gempa Bumi Terkini Jawa Barat Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, April 11, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads