Header AD

Forkasi Sukabumi Peringati Hari Autis Sedunia


TatarSukabumi.ID - Dalam rangka peringatan Hari Peduli Autis Sedunia yang diperingati setiap tanggal 2 April Komunitas Forkasi Sukabumi (Forum Komunikasi) menggelar lomba mewarnai bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang digelar di Radio Bestari Jalan Raya Siliwangi, Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (6/4/2019).


Imas Yusmiati (38) pengurus Forkasi Sukabumi mengatakan kegiatan.lomba mewarnai yang diikuti 20 peserta ABK serta 30 Pelajar PAUD dilatar belakangi oleh rasa kemanusiaan.


"Sepertinya ABK dilirik sebelah mata, bahkan ada kalanya bila mereka bermain bersama teman sebaya merasa takut atau dikucilkan, maka dari situ saya berkeinginan mendirikan forum ini dan pendidikan non formal bagi ABK, agar saat dewasa mereka mandiri tidak selalu tergantung pada orangtua, contoh membuat makanan dan ganti baju sendiri," ujar Imas Yusmiati, Sabtu (6/4/2019).


BACA JUGA : Bayi Baru Lahir Diduga Sengaja Dihayutkan ke Sungai di Sukabumi


Informasi terhimpun, keberadaan Forkasi di Indonesia berdiri sejak tahun 2011 silam sementara Formasi Sukabumi berdiri sejak November 2018.


Salah satu kegiatan yang diinisiasi Forkasi Sukabumi adalah program Parenting Online bagi orang tua yang memiliki ABK yang dilakukan rutin setiap sabtu atau minggu.


"Saat ini ada 35 untuk menjalin silaturahmi, kami berikan motivasi kepada anggota (orangtua) supaya mereka tetap tegar semangat dalam mengakui keberadaan nasib anak autis dan disabilitas," tandasnya.


BACA JUGA : Program Indonesia Terang, Pemasangan 2400 PJU Tenaga Surya di Ruas Jalan Lingkungan Desa Sukabumi


Menanggapi hasil perlombaan yang digelar Forkasi, Imas menganggap ABK memiliki  potensi dengan daya imajinasi yang tinggi cukup menonjol di bidang Seni.


"Seni itu adalah awal kecerdasan dari segala bidang, semua tidak lepas dari seni dan semua orang punya jiwa seni. Hanya saja emosional ABK kadang tidak terkontrol dan perlu pembinaan pengendalian." tutup ungkapnya.(*)


Reporter : Delia AF
Editor : Rapik Utama

Forkasi Sukabumi Peringati Hari Autis Sedunia Forkasi Sukabumi Peringati Hari Autis Sedunia Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, April 06, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads