Header AD

Anak Sekolah Dipasangi Stiker Kampanye 01, Bawaslu Angkat Bicara


TatarSukabumi.ID - Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Harianto menyesalkan peristiwa beredarnya foto di medsos terkait sejumlah pelajar sekolah dalam penyambutan Presiden-RI sekaligus Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Sukabumi Kamis (11/4) kemarin.


Menurut Ketua Bawaslu, jika penyambutan sebatas membawa atribut bendera merah putih kecil yang dikibarkan, hal tersebut dinilai biasa karena saat ini status Joko Widodo masih sebagai Kepala Negara.


"Yang kami sesalkan adanya stiker yang ditempel pada baju seragam para pelajar tersebut, yakni berupa atribut kampanye Capres 01,"


"Ini jadi bahan kami untuk mencari siapa yang menempelkannya, apakah ada intruksi," ujar Teguh Harianto kepada TatarSukabumi.ID, Jumat (12/4/2019).


BACA JUGA : Warga Jampang Sorot Kehadiran Capres dan Cawapres kedua Kubu di Sukabumi


Menurut Teguh, Bawaslu Kabupaten Sukabumi akan melakukan pengumpulan bukti, hasil pengawasan dilapangan mulai dari setiap Panwas Kecamatan, terutama mencari siapa yang mengarahkannya, karena melibatkan sejumlah anak - anak.


Teguh menegaskan, untuk pencegahan sendiri, Bawaslu telah melayangkan surat agar peserta kampanye tidak membawa anak dan saat di lapangan menghimbau agar steril dari anak - anak.


"Dilapangan, Kami menyuruh para pelajar yang seragamnya ditempel antribut tersebut agar dilepaskan.


BACA JUGA : Program Indonesia Terang, Pemasangan 2400 PJU Tenaga Surya di Ruas Jalan Lingkungan Desa Sukabumi


Ketua Bawaslu mengaku kecolongan disebabkan keterbatasan jumlah anggota dilapangan sementara jumlah masa yang mengikuti kampanye membludak.


"Sesuai surat dari tim ada agenda kampanye sebagai calon Presiden, namun saya akui juga secara kedudukan, fungsi beliau saat ini masih kepala negara karena belum cuti Presiden," jelas Teguh.


Hari Jumat (12/4) tadi, Bawaslu mengaku telah melakukan investigasi dan klarifikasi ke setiap sekolah untuk meninjau apabila terjadi indikasi dugaan penempelan stiker.


"Hasilnya mereka tidak mengarahkan atau mengintruksikan memakai stiker kampanye 01. Bahkan dilokasi, panwaslu langsung mengintruksikan mencopoti stiker tersebut, sampai saat ini kita masih mencari siapa yang mengarahkan penempelan atribut kampanye tersebut," pungkasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Anak Sekolah Dipasangi Stiker Kampanye 01, Bawaslu Angkat Bicara Anak Sekolah Dipasangi Stiker Kampanye 01, Bawaslu Angkat Bicara Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, April 12, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads