Header AD

8 Titik Bencana Kepung Desa Cianaga Kabandungan


TatarSukabumi.ID - Sedikitnya 8 titik longsor terjadi di Desa Cianaga Kabandungan Kabupaten Sukabumi pasca hujan deras yang melanda sejak siang hingga sore Rabu (23/4) kemarin.


Data yang diterima TatarSukabumi.ID dari Kepala Desa Cianaga, Odang Abidin membeberkan, bencana longsor terjadi di Kampung Lio mengakibatkan jalan amblas sekira 30 meter hingga akses jalan tidak dapat dilalui, hal sama juga terjadi tanah longsor menutup akses jalan di Kampung Jabon RW 2 RT 4 dan di Kampung Cipicung.


"Alhamdulillah hari ini material longsor sudah dapat dibersihkan bersama masyaratak, gerak cepat dari elemen masyarakat sehingga sudah dapat tertatasi. Selain itu juga ada beberapa solokan dan sawah yang mengalami kerusakan akibat hujan deras, keseluruhan ada 8 titik longsor," beber Odang Abidin, Kamis (24/4/2019).


BACA JUGA : Tebing Setinggi 30 Meter Ambruk Putus Jalan dan Timbun Rumah di Sukabumi


Sejumlah titik longsor yang menutup akses jalan telah berhasil diatasi, hanya 1 titik longsor yang saat ini masih menutup akses jalan penghubung antar Desa dan memerlukan alat berat untuk evakuasi.



Namun menurut Kades meski jalan desa terputus total namun masih terdapat jalan alternatif yang dapat digunakan meski harus berputar arah sejauh 12 Kilometer.


BACA JUGA : Nenek Tua Hanyut di Sungai Citarik Sukabumi


Masih kata Kades, Pemerintah Desa akan menggunakan dana yang bersumber dari ADD bidang tak terduga (BTT) untuk penanggulangan sementara bencana.


"Ada dana dari ADD bidang tidak terduga (BTT) kita akan alokasikan untuk bantuan dalam bentuk makanan bagi para korban, semoga utuk akses jalan Cianaga - Cikurutug besok akan ada bantuan eskavator untuk membuka akses jalan desa yang tertutup material longsor masih cukup untuk 5 hari kedepan," tandasnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Asep M-Rhe

8 Titik Bencana Kepung Desa Cianaga Kabandungan 8 Titik Bencana Kepung Desa Cianaga Kabandungan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, April 25, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads