Header AD

Unik, Pemilihan Ketua Osis di Sukabumi Serasa Pilpres

Pemilihan Osis Rasa Pilpres // foto : Isep Panji

Pemilihan Osis Rasa Pilpres // foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Seolah Simulasi Pilpres, Pelajar SMP PGRI 2 Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat menggelar pemilihan Ketua OSIS periode tahun 2019 - 2020 dengan konsep yang dibuat sama persis dengan Pemilu, Sabtu (2/3/2019).


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, layaknya Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS), satu persatu Pelajar dipanggil selanjutnya diberikan kertas suara, hingga melakukan pencoblosan didalam bilik suara dan kotak suara yang terbuat dari kardus.


BACA JUGA : Seperti Ini Lapang Cangehgar dan Alun-alun Palabuhanratu Masa Depan


Kepala sekolah SMP PGRI 2 Cikidang, Elsa Yulianti disela Pemilihan, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan kegiatan Pesta Demokrasi Sekolah ini sengaja dibuat sama persis dengan Pemilu.


Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan edukasi kepada siswa, dengan harapan, latihan ini nantinya dapat diimplementasikan dalam kehidupan kelak bahwa sebagai warga yang baik itu harus dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik (tidak golput).


"Pemilihan ketua OSIS di sekolah ini sebagai ajang pembelajaran siswa. Ini bisa jadi contoh simulasi pemilihan Presiden April mendatang," ungkap Elsa, Sabtu (2/3/2019).


Hal ini diamini Ayus Uprianto Guru SMP PGRI 2 Cikidang, menurut Dia, pemilihan Ketua Osis tahun ini yang bertepatan dengan tahun politik diharapkan bisa menjadi proses miniatur demokrasi di Sekolah.


"Sejak dini, siswa belajar bagaimana hidup berdemokrasi, memilih pemimpin secara langsung," ungkapnya.


 
BACA JUGA : DPMD Sukabumi Buka Ruang Pengaduan Masyarakat Untuk Sampaikan Aspirasi Terkait Kinerja Pemerintahan Desa


Pemilihan Ketua OSIS kali ini diikuti oleh 4 kandidat dengan calon Nomor urut 1 Melia Putri, Nomor 2 Ilham, Nomor 3 Febriansyah, dan nomor 4 Siti Monasarah dengan jumlah hak pilih 170 Pelajar.


Hasil akhir pemilihan, suara terbanyak diperoleh oleh Calon Nomor 2 dengan raihan 84 suara, disusul Nomor 3 yang mendulang 32 suara, sementara Nomor mendapat 18 suara, dan diperingkat akhir dengan 14 suara dirauh calon Nomor 1.


Sementara suara rusak atau tidak sah berjumlah 3 suara, sementara sisanya tidak memberikan hak pilih (golput). (*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Unik, Pemilihan Ketua Osis di Sukabumi Serasa Pilpres Unik, Pemilihan Ketua Osis di Sukabumi Serasa Pilpres Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Maret 02, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads