Header AD

Tugu Hansip di Sukabumi, Bukti Sejarah yang Nyaris Tidak Dikenali

Tugu Hansip di Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi

Tugu Hansip di Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) resmi dibubarkan pada tahun 2014 lalu dimasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Padahal pada masanya pada tahun 1972 silam, Hansip dimasukan kedalam salah satu komponen Hankamrata dan komplemen ABRI.


Menelisik lebih jauh sejarah perkembangan Hansip di Sukabumi, nyaris luput dari perhatian, meski belum jelas sejak kapan didirikannya Tugu Hansip yang berada dikawasan persimpangan Jalan Raya A Yani - Jalan Kaum Kidul, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi.


BACA JUGA : Tommy Soeharto : Sekarang KUD Sudah Gak Jelas Juntrungannya


Ketua Yayasan Dapuran Kipahare Kota Sukabumi, Irman Firmansyah mengaku saat ini hanya segelintir masyarakat yang mengetahui tentang sejarah tugu tersebut.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, kondisi Tugu Hansip saat ini nyaris tidak dikenali, padahal, tugu tersebut merupakan simbol sejarah perjalanan Hansip di Sukabumi.


"Kita sangat prihatin dengan kondisinya yang tidak terawat dan dipergunakan sebagai media tempat menempel alat peraga kampanye hingga tambal ban, lebih prihatin lagi banyak warga yang tidak tahu sejarahnya," ujar Irman Firmansyah.


BACA JUGA : Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harganya Selangit


Lebih jauh kepada TatarSukabumi.ID Irman membeberkan, Hansip didirikan pada 12 april 1962, konon Sukabumi merupakan pusat tempat pendidikan dan pelatihan Hansip di Indonesian bahkan pasca pemberontakan tahun 1965, Hansip ikut serta diperbantukan dalam mencari tokoh-tokoh komunis di Sukabumi.



Masih kata Irman, pada masa itu Hansip berada dibawah Kementerian Pertahanan dan semi militer, bahkan ada tingkatan seperti kompi, batalyon dibawah ABRI dan pada Tahun 1972 dirubah berada dibawah Kementrian dalam negeri, meski masih berperan sebagai perlawanan rakyat dan perlindungan masyarakat.


"Dalam buku polisi jaman Hindia Belanda yang diterbitkan KITLV justru hansip ini lebih lama lagi sejak tahun 1900-an sudah ada yang bertugas membantu keamanan karena kurangnya personel Polisi, seperti ronda yang terkoordinir," jelas Irman.


BACA JUGA : Curug Gerong Sukabumi Air Terjun Instagramable, Bersejarah Hingga Tempat Pacu Andrenalin


Iman Firmansyah berharap, Pemerintah Kota Sukabumi dapat melestarikan tugu tersebut, atau bahkan direkonstruksi, karena dibalik Tugu Hansip tersimpan momen bersejarah bagi Masyarakat Sukabumi.


"Tugu ini seharusnya berubah menjadi monumen yang bisa dikenang generasi sekarang, mudah-mudahan pemerintah dapat tergerak dan memperhatikannya, dalam waktu dekat yayasan akan mengirimkan surat kepada pihak terkait di pemerintahan maupun balai cagar budaya supaya menyelamatkan tugu ini," harap Irman.


"Sejak tahun 2014 peran Hansip dihilangkan, saat ini perannya menurun dan tidak terkoordinir hanya jadi alat keamanan sewaktu waktu seperti hajatan," ungkapnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Tugu Hansip di Sukabumi, Bukti Sejarah yang Nyaris Tidak Dikenali Tugu Hansip di Sukabumi, Bukti Sejarah yang Nyaris Tidak Dikenali Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Maret 27, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads