Header AD

Sungai Cimahi Cibadak Diduga Tercemar, PT Daihan Global Tegaskan Pengolahan Limbah Sesuai SOP

Sistem pengolahan limbah PT Daehan Global // Foto : Isep Panji

Sistem pengolahan limbah PT Daehan Global // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Sungai Cimahi yang berada di Kampung Benda Desa Karangtengah Kecamatan Cibadak diduga tercemar limbah yang cukup membahayakan, kondisi Sungai Cimahi tidak hanya terpantau keruh, namun juga berbusa serta mengeluarkan bau yang cukup menyengat.


Dugaan pencemaran yang terjadi di Sungai Cimahi dikuatkan dengan ditemukannya berbagai jenis ikan dalam kondisi mati nyaris disepanjang aliran Sungai, Kamis (14/3/2019).


BACA JUGA : DLH Sukabumi Usut Dugaan Pencemaran Sungai Cimahi Cibadak


Saat ditemui awak media, salah satu Perusahaan Garmen PT Daehan Global  yang berada dikawasan Desa Karangtengah Cibadak menepis jika dugaan terpaparnya Sungai Cimahi akibat limbah pembuangan dari Pabrik Garmen.


"Saya tidak langsung mengelak, berdirinya whasing ini dari tahun 2011, kalau memang ada limbah seperti ini dari dulu setiap hari ikan yang ada di Sungai Cimahi ini pasti pada mati dan warga juga pasti akan banyak yang kesini untuk mempertanyakan, whasing sudah melakukan sesuai dengan SOP yang ada," ujar Abdul Haris Selaku Manager PT Daihan Global, Kamis (14/4/2019).


Menurut Dia, Pihaknya telah menempuh seluruh izin serta regulasi yang telah ditetapkan Pemerintah.


"Semua izin kita tempuh untuk izin limbah organik sudah ditempuh dengan pemerintah selalu Komunikasi untuk bertanya bagaimana agar lebih baik," tukasnya.


BACA JUGA : Pasca Terminal Cikembang Terbakar, Pedagang Minta Lahan Dikembalikan Jadi Aset Pemda


Saat dikonfirmasi terkait laporan warga kepada Pihak Perusahaan, Haris menyebutkan Pihaknya sempat mendengar namun tidak menerima laporan resmi dari masyarakat.


Sistem pengolahan limbah PT Daehan Global // Foto : Isep Panji

Sistem pengolahan limbah PT Daehan Global // Foto : Isep Panji


"Malam tadi ada kabar bahwa limbah Daihan sampai mematikan ikan-ikan yang ada di sungai, informasi dari komunitas mancing di Sukabumi menyatakan bahwa itu bukan di PT Daehan tapi di kampung Benda ada semacam limbah yang pekat diduga mungkin karena mereka tahu Daihan juga membuang air kesungai tersebut," terangnya.


Namun Haris memastikan PT Daihan Global telah memproses seluruh sisa pembuangan, "Alat-alat kita cukup memadai, ada water treatment ada filter dan air yang dikeluarkan juga tidak sepakat yang dirumorkan semalam," beber Abdul Haris.


BACA JUGA : Bangkai Ikan dan Berbusa, Sungai Cimahi Cibadak Tercemar Limbah


Hal ini diperkuat Andi selaku Manager Whashing PT Daihan Global, menurut Dia,15 Penampungan dan pengolahan sisa pembuangan limbah PT Daihan diyakini telah sesuai prosedur.


"Sesuai prosedur, soalnya kita disini ada water treatment, bisanya itu dari mesin masuk ke water treatment setelah pengolahanya sudah bagus baru keluar, begitu SOP-nya. Kita ada 15 penampungan, filter-nya ada 2 yang besar, sistem pembuangan sesuai jam kerja, biasa jam kerja selesai jam 4.45  atau setengah limaan," beber Andi.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi// Asep M-rhe

Sungai Cimahi Cibadak Diduga Tercemar, PT Daihan Global Tegaskan Pengolahan Limbah Sesuai SOP Sungai Cimahi Cibadak Diduga Tercemar, PT Daihan Global Tegaskan Pengolahan Limbah Sesuai SOP Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Maret 14, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads