Header AD

SMAN 1 Sukabumi Pelopor Ujian Sekolah Berbasis Android


TatarSukabumi.ID - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Sukabumi jadi pelopor dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan sistem aplikasi USBN Mandiri mempergunakan gawai (gadget) berbasis android.


Hal ini diungkap Budi Sihabudin, Koordinator IT SMAN 1 Kota Sukabumi, saat ditemui disela USBN di SMAN 1 Jalan Didi Sukardi Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Kamis (28/3/2019).


BACA JUGA : Krisis Guru di Sukabumi, Kebutuhan Guru 11300 yang Ada Hanya 4220


Menurut Dia, di tingkat Provinsi Jawa Barat sejumlah Sekolah di Kota Bandung telah menerapkan USBN berbasis android sementara di Sukabumi hal ini baru diterapkan di SMAN 1 Kota Sukabumi.


Dengan sistem ini, pelaksanaan ujian jadi lebih efisien serta meminimalisir potensi kecurangan yang terjadi.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, sedikitnya 621 Pelajar kelas 12 SMAN 1 Kota Sukabumi melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dilaksanakan selama 8 hari jelang pelaksanaan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).


"Untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dilaksanakan pada hari Senin (1/4/2019) mendatang. Jadi yang pakai android itu hanya USBN saja, untuk UNBK kita sama seperti sekolah lain pakai komputer," ujar Budi Sihabudin, Kamis (28/3/2019).


BACA JUGA : Kantor Imigrasi Sukabumi Amankan WNA Tiongkok


Dalam USBN berbasis android ini, siswa mendownload USBN Mandiri di playstore smartphone android, selanjutnya Pihak Sekolah memberi akun user dan password.


Sistem bekerja seperti format CAT untuk ujian CPNS dimana smartphone setiap peserta akan terhubung ke server  mengakses soal dengan menggunakan nomor token yang telah disediakan Sekolah.


"Setelah login, otomatis smartphone yang digunakan siswa akan dalam mode offline jadi tidak bisa mengakses aplikasi lain atau browsing," jelas Budi.


Disinggung terkait persiapan ujian berbasis android, SMAN 1 Kota Sukabumi memastikan seluruh Pelajar telah siap mengingat seluruh Pelajar saat ini telah menggunakan gawai.


Untuk diketahui, USBN merupakan ujian yang dulunya disebut ulangan umum /Ujian Akhir Sekolah (UAS).(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

SMAN 1 Sukabumi Pelopor Ujian Sekolah Berbasis Android SMAN 1 Sukabumi Pelopor  Ujian Sekolah Berbasis Android Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Maret 28, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads