Header AD

Satu e-Warong Layani Seluruh Penerima BPNT se-Kecamatan Parungkuda Sukabumi


TatarSukabumi.ID - e-Warong Ikhlas yang dikelola Kelompok Usaha Bersama (Kube) Kampung Babakanpendeuy Desa Bojongkokosan merupakan satu-satunya e-Warong (Elektronik Warung Gotong Royong) yang berada di Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


Padahal e-Warong merupakan salah satu badan usaha tempat pendistribusian Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) bagi warga yang masuk kedalam Indikator Kriteria Miskin (IKM).


BACA JUGA : Pendistribusian Beras Premium Program BPNT di Kabandungan


Sekretaris Desa Bojongkokosan Tedi Kusnadi mengatakan e-Warong di wilayahnya didirikan sejak tahun 2017 dengan lokasi yang cukup strategis pinggir jalan utama desa dengan jumlah penerima 195 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) khusus warga Desa Parungkuda.


Untuk sementara e-Warong Ikhlas terpaksa membantu melayani penyaluran BPNT bagi warga 5 Desa di wilayah Kecamatan Parungkuda meliputi Desa Pondokkaso Landeuh, Kompa, Sundawenang, Bojongkokosan dan Desa Parungkuda.


"Adakalanya bila sedang melayani penyaluran BPNT, Kami Pemdes dan pengurus e-Warong merasa was-was serta prihatin, bisa dibayangkan warga 5 Desa berbondong-bondong dengan antrian cukup panjang dan kadang ada hambatan seperti errornya jaringan.dan kami merasa terbantu dalam proses penyaluran dimonitor Kepolisian dan TNI ," ujar Tedi, Jum'at (9/3/2019).


BACA JUGA : Luhut Binsar Pandjaitan Resmikan Suspension Bridge Situgunung Sukabumi


Sementara itu, Camat Parungkuda Amir Hamzah membenarkan jika di Wilayah Kecamatan Parungkuda hanya memiliki satu e-Warong.


"Saat ini kita berpegang teguh pada aturan kebijakan pemerintah bahwa Penyaluran BPNT harus melalui e-Warong, maka untuk sementara e-Warong Ikhlas sebagai induk penyaluran bantuan bagi warga kriteria miskin se-Kecamatan Parungkuda," jelas Amir Hamzah.


BACA JUGA : Bikin KTP di Sukabumi Antar Jemput Depan Rumah, Marwan Hamami : Ketika Diminta Bayaran Seperak Saja Lapor Saya Besoknya Camatnya Berhenti


Namun dalam waktu dekat Camat Parungkuda memastikan akan membentuk e-Warung disetiap Desa Wilayah Kecamatan Parungkuda.


"Kami menargetkan tiap Desa nantinya bisa terbentuk satu atau dua e-Warong tergantung kepada jumlah penerima serta kesiapan pengelola. Saat ini masing-masing Desa sedang persiapan proses mengurus administrasi e-Warong atau agen BNI 46, menurut informasi dari pihak BNI, rekening e-Warong sudah ada tinggal menunggu alat E-DC," tukasnya.


BACA JUGA : Marwan Hamami Minta Pembangunan Lanjutan ke Jokowi, Luhut : Sukabumi Harus Hebring


Saat dikonfirmasi terkait data penerima program BPNT serta beberapa permasalahan dilapangan terkait penggantian penerima manfaat Amir Hamzah menjelaskan.


"Adapun untuk data KPM ada di masing-masing Desa (Puskesos), termasuk data penerima yang tidak sesuai dengan kriteria bisa di Musdes-kan dan penggantinya harus yang tercatat di BDT (basis data terbaru). Jadi, data KPM yang tidak sesuai kriteria, Bansosnya tidak bisa dialihkan begitu saja, melainkan harus melalui aplikasi SIKS-NG yakni verifikasi dan validasi berdasarkan by name by address dan Musdes (musyawarah desa)," Jelas Amir Hamzah.(**)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Satu e-Warong Layani Seluruh Penerima BPNT se-Kecamatan Parungkuda Sukabumi Satu e-Warong Layani Seluruh Penerima BPNT se-Kecamatan Parungkuda Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Maret 09, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads