Header AD

Rumah Sakit Bunut Sukabumi Siap Tampung Caleg Kalah yang Stress Hingga Mengalami Gangguan Kejiwaan

Ketua Tim Penanganan Keluhan dan Informasi RSUD R Syamsudin SH, Wahyu Hendriana

Ketua Tim Penanganan Keluhan dan Informasi RSUD R Syamsudin SH, Wahyu Hendriana


TatarSukabumi.ID - Dikhawatirkan stress depresi hingga mengalami gangguan kejiwaan, bagi Calon Anggota Legislatif yang mengalami kekalahan dalam kontestasi Pemilu 2019 mendatang, RSUD R Syamsudin SH (Bunut) Kota Sukabumi menyatakan siap untuk menampung dan menangangi Caleg stress tersebut.


Hal ini diungkap Ketua Tim Penanganan Keluhan dan Informasi RSUD R Syamsudin SH, Wahyu Hendriana kepada awak media di ruangan khusus Kemuning RSUD R Syamsudin SH, Selasa (12/3/2019).


BACA JUGA : Warga Asal Aceh Ditemukan Terbujur Kaku di Kontrakannya di Sukabumi


Wahyu Hendriana menjelaskan RSUD R Syamsudin SH secara prinsip siap menerima siapapun pasien dengan gangguan kejiwaan atau gangguan secara psikis. 


Menurut Dia, jika terjadi Caleg mengalami stress atau gangguan kejiwaan akibat kekalahan dalam kontestasi Pemilu mendatang, RS Bunut secara spesifik tidak mempersiapkan ruangan secara khusus, Pasien akan ditempatkan sesuai dengan diagnosis penyakit yang ditemukan.


"Apabila pasien tersebut didiagnosis mengalami gangguan kejiwaan, maka ia akan ditempatkan di bangsal jiwa, apabila tidak, akan disesuaikan penempatannya, apakah karena syaraf atau penyakit dalam, apabila pasien mengalami gaduh gelisah hingga membahayakan, secara SOP akan ditempatkan di bangsal isolasi namun apabila diperlukan pasien bisa ditempatkan di ruang observasi terlebih dahulu," ujar Wahyu Hendriana, Selasa (13/2/2019).


BACA JUGA : Diduga Dibuang Bayi Perempuan Ditemukan Didepan Teras di Cireunghas


Lebih jauh menurut Wahyu, Pihaknya tidak  membedakan fasilitas baik kepada caleg maupun non caleg, karena menurutnya semua pasien adalah warga masyarakat yang harus dilayani sesuai SOP yang ada.


Ruangan Khusus Penanganan Penyakit Kejiwaan RSUD R Syamsudin SH


"Pada dasarnya, kita memperlakukan sama, tidak kita bedakan apakah itu calon legislatif atau siapapun mereka," tukasnya.


Saat dikonfirmasi terkait jumlah Caleg yang mengalami gangguan jiwa karena kalah dalam kontestasi Pemilu sebelumnya, Wahyu menyatakan  pihaknya belum menerima laporan dan tidak memiliki data.


Namun demikian, Wahyu berharap dengan meningkatnya jumlah caleg yang mengikuti kontestasi Pemilu saat ini, bagi kontestan yang mengalami kekalahan tidak harus mengalami stress atau gangguan jiwa hingga dirawat di rumah sakit.


BACA JUGA : Marwan Hamami Minta Pembangunan Lanjutan ke Jokowi, Luhut : Sukabumi Harus Hebring


Menelisik lebih jauh, Nama Ruangan khusus bagi penanganan dan perawatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan Ruangan Kemuning.


Ruangan Kemuning merupakan ruang perawatan gangguan kejiwaan serta segala sesuatu yang berhubungan dengan gangguan kejiwaan yang terbagi menjadi tiga bagian yakni ruangan observasi, ruangan rawat dan ruangan isolasi (bangsal jiwa).


Untuk ruangan bangsal jiwa terdapat 18 ruangan sementara ruangan isolasi Ruang Kemuning terdapat dua ruangan dengan satu dokter spesialis kejiwaan. (*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Rumah Sakit Bunut Sukabumi Siap Tampung Caleg Kalah yang Stress Hingga Mengalami Gangguan Kejiwaan Rumah Sakit Bunut Sukabumi Siap Tampung Caleg Kalah yang Stress Hingga Mengalami Gangguan Kejiwaan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Maret 12, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads