Header AD

Program Bantuan Beras Rakyat BPNT di Sukabumi Tidak Tepat Sasaran

Heri Suryana Kepala Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi// Foto : Rapik Utama

Heri Suryana Kepala Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi// Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Heri Suryana Kepala Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi mengaku mendapati sejumlah kendala dalam pendistribusian Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayahnya.


Permasalahan mendasar adalah ditemukannya data keluarga penerima manfaat bantuan BPNT yang dinilai kurang tepat sasaran.


"Sebetulnya banyak masalah, karena data tidak sesuai dengan fakta data miskin, warga yang benar masuk kriteria miskin tapi pada nyatanya tidak terdaftar, sehingga sasaran serta jadi polemik bagi unsur pemerintah desa saat ini," aku Heri saat ditemui TatarSukabumi.ID di Aula Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/3/2019).


BACA JUGA : Wanita Penjual Cilok Pikul di Sukabumi Berpenghasilan 20 Ribu Rupiah Perhari


Masih menurut Kades Cikahuripan, Cisolok, Pemerintah melalui Dinsos harus secepatnya melakukan verifikasi dan melakukan data ulang keluarga penerima program BPNT serta mengikut sertakan Pemerintah Desa dalam pendataan penerima manfaat.


Menurut Dia, dengan tidak tepatnya sasaran kepada penerima bantuan, maka akan menimbulkan polemik kecemburuan di Masyarakat dan berujung kepada ketidakpercayaan masyarakat kepada Pemerintah Desa.


"Yang terpenting bagi kami adalah data masyarakat kami real betul sesuai dengan fakta kriteria miskin, sehingga tidak menjadi sebuah permasalahan,"


"Yang mengetahui dilapangan akan kondisi warga miskin atau sudah mampu adalah Pemerintah Desa. Pemdes perlun surat rekomendasi (dari Dinsos) sebagai dasar perubahan betul-betul real jadi jangan sampai nantinya ada kecemburuan," tandasnya.


BACA JUGA : Viral Video Kades di Sukabumi Deklarasikan Dukung Calon Presiden


Dalam sesi dialog sosialisasi Program BPNT bagi seluruh Kepala Desa di Sukabumi ini, beberapa kepala desa dan petugas Poskesos mendesak agar segera dilakukan pendataan ulang dan diikut sertakan dalam pendataan bagi keluarga penerima manfaat.


Hal lainnya, Kepala Desa meminta Bank rekanan Pemerintah dalam Program ini secepatnya menyiapkan pengadaan mesin edisi bagi e-Warong tempat pendistribusian BPNT.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Program Bantuan Beras Rakyat BPNT di Sukabumi Tidak Tepat Sasaran Program Bantuan Beras Rakyat BPNT di Sukabumi Tidak Tepat Sasaran Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Maret 21, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads