Header AD

Perusahaan Hengkang dari Sukabumi Karyawan Terancam PHK, Apindo Angkat Bicara

Ketua Apindo Sukabumi (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Ning Wahyu Astuti// Foto : Rapik Utama

Ketua Apindo Sukabumi (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Ning Wahyu Astuti// Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - "Kita sepakat bahwa kita harus bekerja sama secara terus menerus membangun energi positif, komunikasi yang produktif dan evisien, dan juga santun berkesinambungan, supaya bisa mengirim pesan kepada investor bahwa investasi di Sukabumi aman dan calon investor menganggap disini (Sukabumi) ramah investasi," ungkap Ketua Apindo Sukabumi, Ning Wahyu Astuti, disela pertemuan Tripartit antara Pemkab Sukabumi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Serikat Pekerja, Kamis (28/3/2019).


Menurut Ketua Apindo, Pertemuan LKS Tripartit ini dinilai sangat penting dan dibutuhkan dibawah situasi kompetitif dimana banyak perusahaan yang berencana melakukan relokasi ke daerah lain atau hengkang dari Sukabumi.


"Pertemuan sekarang ini untuk membahas bagaimana hal itu agar tidak terus terjadi sehingga tercipta investasi yang ramah, baik investor yang sudah ada disini maupun yang akan masuk ke Sukabumi," ujar Ning kepada TatarSukabumi.ID.


BACA JUGA : Krisis Guru di Sukabumi, Kebutuhan Guru 11300 yang Ada Hanya 4220


Saat ditanyakan Perusahaan yang berencana hengkang dari Sukabumi, Ketua Apindo mengatakan dirinya belum bisa memastikan hal tersebut terjadi, namun kecenderungan pengurangan Karyawan dimungkinkan terjadi.


Lebih jauh Ning berharap tidak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar besaran di Sukabumi, sejauh ini perusahaan yang menjadi anggota Apindo dipastikan tidak ada yang hengkang dari Sukabumi.


"Kemungkinan pengurangan karyawan itu ada, karena mereka membangun perusahaan di daerah lain," ujar Ning.


BACA JUGA : Perumda TJM Sukabumi Pasang 8 Ribu Sambungan Air Bersih Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah


Disinggung mengenai keluhan dari Pengusaha dalam berinvestasi di Sukabumi Ketua Apindo angkat bicara.


"Keluhan dari pemilik, untuk upah disini (Sukabumi) lebih tinggi dibanding dengan Brebes misalnya, bedanya 1 juta, jadi kalau karyawan 30 ribu artinya 30 Milyar setiap bulan, tapi kalau produktifitas disini dinaikan dan infrastruktur yang sangat bagus jadi bisa ngurangi cost juga," ujar Ning. 


Masih menurut Ning, perlu solusi kongkrit  untuk menghadapi berbagai permasalahan ini.


"Pemerintah juga ikut bertanggung jawab misalnya mengedukasi lingkungan untuk menciptakan suasana kondusif bagi investor tidak ada premanisme misalnya. Dari serikat pekerja juga lebih komunikatif tidak turun kejalan misalnya,  mengutamakan komunikasi-lah dibanding melakukan hal hal seperti itu,"


"Serikat pekerja juga harus bertanggung jawab meningkatkan produktivitas anggotanya tidak hanya menuntut income yang diberikan Perusahaan," beber Ketua Apindo.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Perusahaan Hengkang dari Sukabumi Karyawan Terancam PHK, Apindo Angkat Bicara Perusahaan Hengkang dari Sukabumi Karyawan Terancam PHK, Apindo Angkat Bicara Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Maret 28, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads