Header AD

Permasalahan Komplek Pertokoan Terminal Cikembang yang Terbakar Terus Bergulir

Pj Kepala Desa Cimanggu dan Warga Pasar // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID-  Pasca Musyawarah Pedagang Komplek Pertokoan Terminal Cikembang dengan Pihak Muspika Cikembar dan Pemdes Cimanggu serta Pemilik Lahan pada Selasa (12/3) kemarin dan masih belum menemukan solusi terkait terbakarnya 16 Kios di kawasan Terminal Cikembang dua bulan silam, rapat koordinasi lanjutan kembali digelar di Kantor Dinas Pertanahan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sukabumi, Rabu (13/3/2019).


Rapat koordinasi kali ini melibatkan unsur Dinas Perhubungan (Dishub) Badan Pertanahan Nasional (BPN)Dinas Tata Ruang, DPPKAD, Kecamatan Cikembar dan Pemdes Cimanggu.


BACA JUGA : Pasca Terminal Cikembang Terbakar, Pedagang Minta Lahan Dikembalikan Jadi Aset Pemda


Perwakilan BPN Kabupaten Sukabumi bagian Penetapan Hak Tanah, Amdaryana saat ditemui TatarSukabumi.ID enggan mengeluarkan banyak komentar, menurut Dia, informasi lebih jelas terkait permasalahan ini bisa dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Tata Ruang.


Namun awak media tidak berhasil mendapat keterangan lebih jauh dari Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Sukabumi terkait pembahasan rapat koordinasi.


BACA JUGA : Komplek Terminal Cikembang Sukabumi Terbakar, Belasan Toko Ludes Terbakar


Ditempat yang sama, sejumlah warga Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar kendati tidak menerima undangan namun terpantau hadir disekitar Kantor Dinas Tata Ruang, hal ini dilakukan warga akibat beberapa isu yang beredar terkait permasalahan lahan komplek pertokoan Terminal Cikembang.


Umo, salah seorang perwakilan warga mengungkapkan, kehadiran masyarakat adalah untuk mengawal jalannya rapat antara pihak Kecamatan dengan unsur Dinas terkait.


"Kita harapkan agar status lahan terminal dikembalikan kepada pemerintah daerah kabupaten Sukabumi sesuai dengan fungsinya," harap Umo, Rabu (13/3/2019).


BACA JUGA : Rumah Sakit Bunut Sukabumi Siap Tampung Caleg Kalah yang Stress Hingga Mengalami Gangguan Kejiwaan


Dihubungi terpisah Pj Kepala Desa Cimanggu Harris Pribadi mengatakan untuk penyelesaian status tanah dan status lahan terminal yang diharapkan warga dikembalikan ke Pemkab Sukabumi Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas terkait.


"Seperti halnya yang telah disampaikan oleh semua pihak termasuk perwakilan  warga dan pemilik, sebetulnya sama untuk kepentingan masyarakat, diharapkan kita kembali pada tujuan utama yaitu bagaimana caranya warga kembali berusaha, adapun yang lainnya secara bertahap (akan diselesaikan) termasuk permasalahan status terminal seperti yang telah diucapkan Camat bahwa Kita harus memilah-milah sehingga mudah dalam penyelesaiannya," jelas Haris.


Masih kata Haris, permintaan warga agar lahan terminal dikembalikan ke Pemkab Sukabumi  bukan untuk keseluruhan lahan karena didalam sertifikat luas lahan mencapai 9000 meter, sementara luas terminal hanya 4000 meter.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Permasalahan Komplek Pertokoan Terminal Cikembang yang Terbakar Terus Bergulir Permasalahan Komplek Pertokoan Terminal Cikembang yang Terbakar Terus Bergulir Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Maret 13, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads