Header AD

Penerima Manfaat Program BPNT di Sukabumi Agar Lebih Tepat Sasaran


TatarSukabumi.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi melaksanakan sosialisasi Pragram Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi Kepala Desa/Lurah (bidang Puskesos) se-Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/3/2019).


Iwan Trianto Kepala seksi Linjamsos Keluarga Dinsos Kabupaten Sukabumi mengatakan sosialisasi ini diberikan kepada 386 Desa/Kelurahan yang dibagi menjadi 8 wilayah dan dilaksanakan selama 4 hari di Aula Dinsos Cisaat Sukabumi.


Iwan Trianto menjelaskan beberapa permasalahan terjadi dimasyarakat diantaranya masih terdapat warga yang tidak terdaftar sebagai peserta penerima Program BPNT.


BACA JUGA : Viral Video Kades di Sukabumi Deklarasikan Dukung Calon Presiden


Menurut Dia, saat ini penerima program BPNT masih merujuk pada Data Basis Terbaru (DBT) tahun 2015, sehingga dalam sosialisasi ini diharapkan menjadi dasar dalam proses pemutakhiran data penerima BPNT di Kabupaten Sukabumi.


"Mereka miliki kebijakan diwilayahnya, dan terutama bagi Puskesos bisa updating pemutakhiran data kelompok penerima manfaat (KPM) BPNT.


"Saat ini kita maklumi bersama bahwa sasaran masih dibilang banyak belum terdaftar sebagai peserta, sedangkan data peserta masih merujuk Data Basis Terbaru (DBT) tahun 2015 yang masih banyak perubahan, mudah-mudahan dengan adanya aplikasi SIKS-NG yaitu verifikasi dan validasi sesuai nama, alamat berikut musyawarah desa bisa menunjang pemutakhiran dan perubahan data untuk penerima manfaat agar lebih tepat sasaran," beber Iwan Rabu (20/3/2019).


BACA JUGA : Luhut Binsar Pandjaitan Pastikan Dermaga Cisolok Dibangun dan Nelayan Palabuhanratu Belajar ke Vietnam


Sosialisasi ini sebagai upaya unyuk menyebarkan informasi yang belum tersampaikan kepada Pemerintahan Desa dan selanjutnya Desa bisa menyebarluaskan kepada masyarakat.


Hal yang penting untuk disosialisasikan adalah aturan yang menyatakan bila dalam 3 tahap penerima manfaat tidak mengambil bantuannya maka kepesertaanya akan hangus.


"Apabila ada masyarakat masuk kategori KPM tidak mengambil bantuan tahap 1 2 dan 3, maka kepesertaannya akan hangus," jelasnya.


BACA JUGA : Tersengat Listrik, Kukang Jawa TNGHS Diselamatkan Warga


Disinggung jumlah e-Warong sebagai sarana pendistribusian program BPNT di Sukabumi, Iwan menjelaskan, berdasarkan data dari BNI 46 jumalah e-Warong (Elektronik Warung Gotong-royong) tercatat hanya 125 unit yang telah berjalan melayani KPM.


Masih menurut Iwan, sedikitnya 44 e-Warong saat ini sedang diproses oleh BNI 46 dan nantinya diharapkan, setiap Desa / Kelurahan memiliki sedikitnya 1 Unit e-Warong.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Penerima Manfaat Program BPNT di Sukabumi Agar Lebih Tepat Sasaran Penerima Manfaat Program BPNT di Sukabumi Agar Lebih Tepat Sasaran Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Maret 20, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads