Header AD

Pasca Terminal Cikembang Terbakar, Pedagang Minta Lahan Dikembalikan Jadi Aset Pemda

TatarSukabumi.ID - Pasca terbakarnya Komplek Pertokoan Terminal Cikembang 2 bulan lalu (7/1) pertemuan kembali digelar antara Warga Masyarakat Pedagang bersama unsur Kecamatan, Unsur Desa, Koramil, Polsek Cikembar serta Pemilik Lahan, Selasa (12/3/2019).


Camat Cikembar Tamtam Alamsyah menyatakan, sebagai Camat dirinya miliki beban moral untuk dapat menindaklanjuti dan mencari solusi pasca kebakaran yang melanda komplek pertokoan Terminal Cikembang setelah dua bulan berlarut.


"Kami unsur Kecamatan sedari awal  sudah mencoba komunikasi dengan berbagai pihak, dan disepakati akan lakukan musyawarah secara bertahap. fokus pertama membahas keberadaan kios demi kelangsungan ekonomi warga," ujar Tamtam Alamsyah, Selasa (12/3/2019).


BACA JUGA : Komplek Terminal Cikembang Sukabumi Terbakar, Belasan Toko Ludes Terbakar


Dalam pertemuan yang digelar di Aula Kantor Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar ini berakhir dengan mandeknya musyawarah dan belum ada kesepakatan antara Pemilik Lahan dengan para pedagang.


Kebakaran Komplek Pertokoan Terminal Cikembang Sukabumi // Foto : TatarSukabumi.ID


Pasalnya, Indra selaku Pemilik Lahan meminta seluruh pedagang korban kebakaran yang berjumlah 16 pedagang dapat hadir dalam musyawarah sementara dalam pertemuan kali ini hanya dihadiri 4 pedagang.


"Musyawarah tidak bisa diteruskan karena dari pihak Indra (Pemilik Lahan) menilai kehadiran 16 orang pedagang sangat diharapkan, tapi saya berharap musyawarah berikutnya bisa dilanjutkan agar segera ada jalan keluar," Ujar Tamtam.


BACA JUGA : Rumah Sakit Bunut Sukabumi Siap Tampung Caleg Kalah yang Stress Hingga Mengalami Gangguan Kejiwaan


Dalam pertemuan kali ini, muncul permasalahan baru terkait keabsahan kepemilikan lahan dari Pihak Pedagang korban kebakaran.


"Muncul beberapa pertanyaan salahsatunya lahan yang dikiranya milik Pemda ternyata lahan tersebut dimiliki oleh Indra berdasarkan berkas kepemilikan lahan," ujar Camat Cikembar.


Pertemuan seluruh unsur pasca Kebakaran Komplek Pertokoan Terminal Cikembang Sukabumi // Foto : TatarSukabumi.ID


Ditempat yang sama Indra sebagai pemilik menyampaikan Pihaknya akan memberi izin kepada Pedagang untuk kembali mendirikan kios dilokasi yang sempat terbakar.


"Saya berharap untuk itu kedepannya tertuang dalam kesepakatan yang terdapat kaidah sifatnya manfaat dan maslahat untuk seluruh pihak. Tapi mohon maaf pada perwakilan warga , kami tidak bisa melanjutkan Musyawarah karena tidak semua warga pedagang tidak hadir bisa ikuti musyawarah ini," jelas Indra.


BACA JUGA : Pasca Kebakaran Komplek Terminal Cikembang, Pemilik Lahan dan Pemilik Toko Duduk Bareng Pemerintah


Sementara itu, 4 Pedagang yang hadir dari jumlah keseluruhan 16 Pedagang Terminal Cikembang berharap musyawarah bisa segera tuntas karena telah berlarut selama 2 bulan tanpa solusi.


Atik dan Umo Warga Kampung Cikembang RT 04/RW 04 Perwakilan Pedagang menjelaskan ketidak hadiran sejumlah Pedagang lain akibat undangan yang telat diterima mereka.


"Undangan musyawarah diterima sore hari sementara warga tidak siap untuk hadir terbentur ada kegiatan lain makanya mewakilkan, namun ternyata ditolak oleh Indra (pemilik lahan), maka kami perwakilan warga akan mengikuti bahwa musyawarah tidak bisa dilanjutkan," ungkapnya.


BACA JUGA : Kebakaran Komplek Pertokoan Terminal Cikembang, Pemilik Lahan Menunggu Hasil Olah TKP


Para Pedagang meminta kejelasan kepemilikan lokasi komplek pertokoan yang berada di Terminal Cukrmbang karena menurut mereka seharusnya Terminal Cikembang milik Pemerintah Daerah bukan milik perorangan.


"Kami miliki satu riwayat, lahan HGU (Hak Guna Usaha) berstatus terminal berdiri tahun 1989 awalnya Tanah Negara, Pemda pun Negara, kami pun bagian daripada warga negara, harus ada norma etika yang harus dihormati. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, mari kita bicara bersama-sama ungkapkan hal yang benar itu seperti apa, dugaan kami ada beberapa kesalahan tidak diurusnya administrasi hingga lahan tersebut sekarang jadi milik Indra ditambah lagi pada tahun 2000 ada berita acara penambahan luas area Terminal," beber Perwakilan Pedagang dihadapan Muspika Cikembar.


Kebakaran Komplek Pertokoan Terminal Cikembang Sukabumi // Foto : TatarSukabumi.ID
Kebakaran Komplek Pertokoan Terminal Cikembang Sukabumi // Foto : TatarSukabumi.ID


"Kami sebagai warga Masyarakat harapkan kembalikan fungsi dan lahan terminal Cikembang kepada kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi," tegas Atik dan Umo.


BACA JUGA : Diduga Dibuang Bayi Perempuan Ditemukan Didepan Teras di Cireunghas


Ikut hadir dalam mediasi, Danramil Cikembar Kapten Arm Uci Sanusi berharap permasalahan ini segera dapat diselesaikan.


Kapten Uci berharap tidak ada kesimpang siuran kepemilikan lahan dan hasil musyawarah dapat memberikan sebuah solusi terbaik bagi seluruh pihak terutama 16 warga korban musibah kebakaran di Terminal Cikembang.


"Intinya saya yakin dan percaya kepada seluruh warga, agar semua pihak kelak merasa puas atas hasil kesepakatan musyawarah," ujar Uci yang baru menjabat Danramil Cikembar Kabupaten Sukabumi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pasca Terminal Cikembang Terbakar, Pedagang Minta Lahan Dikembalikan Jadi Aset Pemda Pasca Terminal Cikembang Terbakar, Pedagang Minta Lahan Dikembalikan Jadi Aset Pemda Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Maret 13, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads