Header AD

Netralitas Kepala Desa di Sukabumi, Bawaslu Tangani Laporan 3 Kasus Kepala Desa

Nuryamah selaku Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sukabumi// Foto: Rapik Utama

Nuryamah selaku Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sukabumi// Foto: Rapik Utama


TatarSukabumi.ID- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 mendatang.


Seperti diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang netralitas ASN dalam Pemilu, ditegaskan jika ASN ini tidak boleh menjadi Tim sukses, Tim kampanye apalagi peserta.


"Undang-undang tentang netralitas ASN serta unsur pemerintah desa tertera di Pasal 281-282,"


Hal ini dijelaskan Nuryamah selaku Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sukabumi dalam bimtek bagi aparatur Kecamatan dan Kelurahan se-Kabupaten Sukabumi yang digelar di hotel Sukabumi Indah, Kamis (14/4/2019).


BACA JUGA : Viral Video Kades di Sukabumi Deklarasikan Dukung Calon Presiden


Demi terlaksananya Pemilu yang aman sukses tanpa ekses, Bawaslu Kabupaten Sukabumi memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai regulasi.


"Namanya penegak keadilan Pemilu ini berat, memastikan seluruh tahapan berjalan pada rel aturannya berat, karena semuanya miliki kepentingan,"


"Ini krusial supaya tidak terjadi jenis pelanggaran seperti money politik , netralitas ASN dan unsur pemerintah desa," tegasnya.


BACA JUGA : 5 WNA Masuk DPT Pemilu 2019 Jawa Barat, Bawaslu Angkat Bicara


Saat dikonfirmasi terkait laporan penyimpangan dan indikasi kecurangan Pemilu yang telah diterima Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Nuryamah menegaskan Pihaknya belum menerima laporan terkait ketidak netralan ASN.


"Untuk Pelanggaran ASN kita belum temukan serta laporan dari masyarakat atau peserta pemilu. Sejauh ini banyak laporan sesama peserta Caleg yakni prihal APK (alat peraga kampanye).


"Kedua, banyak laporan mengenai netralitas kepala desa, untuk bulan ini saja kita tangani tiga kasus untuk kepala desa, dan semuanya masih dalam proses penanganan Bawaslu. Ada (Berupa) laporan (Masyarakat) maupun temuan Bawaslu," terangnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Netralitas Kepala Desa di Sukabumi, Bawaslu Tangani Laporan 3 Kasus Kepala Desa Netralitas Kepala Desa di Sukabumi, Bawaslu Tangani Laporan 3 Kasus Kepala Desa Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Maret 15, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads