Header AD

Kantor Imigrasi Sukabumi Amankan WNA Tiongkok

Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi amankan WNA Asal Tiongkok // Foto : Dian Syahputra Pasi

Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi amankan WNA Asal Tiongkok // Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi mengamankan sejumlah Warga Negara Asing (WNA) yang diduga merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Sukabumi, Rabu (27/3/2019).


Selanjutnya WNA yang diamankan digelandang ke Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi setelah ditemukan dilokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) di Kampung Cisagu, Desa Mekarsari, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Hal ini diungkap Kepala Seksi Intelejen Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Zulmanur Arif, kepada awak media di Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi di Jalan Jalur Lingkar Selatan Sukabumi.


BACA JUGA : Perumda TJM Sukabumi Pasang 8 Ribu Sambungan Air Bersih Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah


Lebih jauh Zulmanur Arif membeberkan, berawal dari sebuah pemberitaan disalah satu media, Seksi Intelejen Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian telah ditugaskan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi untuk melakukan pengecekan dilokasi.


Kepala Seksi Intelejen Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Zulmanur Arif // Foto : Dian Syahputra Pasi

Kepala Seksi Intelejen Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Zulmanur Arif // Foto : Dian Syahputra Pasi


"Hasil dari pemeriksaan, data yang kami miliki sebenarnya ada 8 (WNA) namun 1 orang ternyata sudah pulang ke negaranya, sehingga yang kita amankan hari ini adalah 5 orang berkewarganegaraan Republik Rakyat Tiongkok yang saat ini akan kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut sejauh mana  tindak pelanggaran yang mereka lakukan," beber Zulmanur Arif, Rabu (27/3/2019).


BACA JUGA : Tugu Hansip di Sukabumi, Bukti Sejarah yang Nyaris Tidak Dikenali


Menurut Zulmanur Arif, mereka yang diamankan diduga merupakan pekerja di PT Zhong Min Hydro Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pembangkit PLTMH namun dalam pemeriksaan awal dokumen mereka lengkap.


"Dokumen yang Mereka memiliki lengkap, jadi mereka masuk secara legal, jadi bukan orang asing yang ilegal, masuk dengan mempergunakan visa yang lengkap," ungkapnya.


BACA JUGA : Curug Gerong Sukabumi Air Terjun Instagramable, Bersejarah Hingga Tempat Pacu Andrenalin


Saat dikonfirmasi mengenai hasil pemeriksaan lebih jauh yang telah dilakukan Petugas Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Sukabumi,Zulmanur menyatakan Pihaknya masih menunggu proses pemeriksaan.


"Detailnya belum kita sampaikan karena kita juga belum melakukan pemeriksaan namun dugaan awal kita duga dengan pasal 75 Undang undang 6 tahun 2011 tentang keimigrasian,"


"Nanti tergantung pemeriksaan hari ini mungkin kalau tidak selesai dilanjutkan besok. Seperti biasa SOP kita jalankan seperti itu kemudian kita laporkan kepada pimpinan kebetulan pimpinan sedang tidak ada ditempat nanti menunggu petunjuk beliau," beber Zulmanur Arif kepada awak media.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi
Editor : Asep M-Rhe

Kantor Imigrasi Sukabumi Amankan WNA Tiongkok Kantor Imigrasi Sukabumi Amankan WNA Tiongkok Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Maret 27, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads