Header AD

IPB dan Pemkab Sukabumi Rencanakan Sekolah Peternakan Rakyat


TatarSukabumi.ID - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM - IPB) sambangi Gedung Pendopo Sukabumi, Jum'at (8/3/2019).


Diterima Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, pertemuan ini membahas rencana pengembangan Sekolah Peternakan Rakyat yang akan dibangun diwilayah Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Bikin KTP di Sukabumi Antar Jemput Depan Rumah, Marwan Hamami : Ketika Diminta Bayaran Seperak Saja Lapor Saya Besoknya Camatnya Berhenti


Sugeng Heri Suseno, Ketua LPPM - IPB Bogor mengatakan, program pengabdian bagi Mahasiswa, selain Kuliah Kerja Nyata (KKN) beberapa program kegiatan juga dilakukan IPB dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen dan alumni IPB.


Menurut Dia, sejumlah program kegiatan Dosen dan Alumni diantaranya Sekolah Peternakan Rakyat, Klinik Pertanian Nusantara, Stasiun Lapang Agro Kreatif (SLAK), Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya), IPB Cyber Extenslon- Tani Center, IPB Peduli Bencana, Kemitraan Kampus Desa, Dosen Mengabdi dan Guru Besar Mengabdi.


"Dari semua program yang ada diantaranya bertujuan untuk mencerdaskan peternak masyarakat melalui sekolah rakyat" ujar Heri Suseno, Jumat (8/3/2019).


BACA JUGA : 3 Jam Mogok Kerja, Kontrak Buruh PT Nina Venus Indonesia Diperpanjang Hingga Usai Lebaran


Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyambut baik serta mengapresiasi upaya IPB dalam mencerdaskan Masyarakat Peternak, Marwan Hamami berharap,  program ini dapat memberi dampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya warga Peternak Sukabumi.


"Di Wilayah Kabupaten Sukabumi, banyak lahan yang belum termanfaatkan secara efektif, dengan potensi tersebut kita dorong dan melakukan penetrasi melalui Dinas Peternakan" ujar Marwan Hamami.


Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah melakukan upaya dengan mendorong beberapa program, salah satunya mendorong PTPN VIII dan XII yang saat ini memiliki peternakan sapi perah untuk dijadikan kawasan agro wisata.


BACA JUGA : Beberapa Kendala Pendistribusian Beras Rakyat Program BPNT di Parungkuda Sukabumi


Atas dasar inilah, dengan adanya kerjasama Sekolah Peternakan Rakyat diharapkan dapat menjadi awal kemajuan sektor peternakan, sehingga terwujud masyarakat Sukabumi yang mandiri yang mampu mengelola dan menggali potensi wilayah yang ada.


"Dengan sekolah peternakan rakyat, nantinya cara mereka mengelola peternakannya semakin memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat, Kita juga ingin Kabupaten Sukabumi menjadi sentra peternakan untuk sapi potong" tandasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

IPB dan Pemkab Sukabumi Rencanakan Sekolah Peternakan Rakyat IPB dan Pemkab Sukabumi Rencanakan Sekolah Peternakan Rakyat Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Maret 08, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads