Header AD

Hut ke-55 Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Warungkiara Tanam Durian

Penghijauan dalam rangka Hari Bhakti Lembaga Kemasyarakatan yang ke-55 Lapas Warungkiara Sukabumi // Foto : Isep Panji

Penghijauan dalam rangka Hari Bhakti Lembaga Kemasyarakatan yang ke-55 Lapas Warungkiara Sukabumi // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Jelang Hari Bhakti Lembaga Kemasyarakatan yang ke-55 yang diperingati setiap tanggal 27 April setiap tahunnya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Warungkiara Sukabumi menggelar acara Penanaman Pohon, Jumat (22/3/2019).


Kepala Lapas Kelas III Warungkiara RM Kristyo Nugroho kepada TatarSukabumi.ID menyampaikan kegiatan ini dilakukan serentak melalui surat edaran dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan yang mewajibkan seluruh UPT se-Indonesia untuk melaksanakan penanaman Pohon.


"Untuk penanaman Pohon kami memilih menanam pohon jenis Durian mengingat untuk pohon penghijauan kami telah memiliki banyak diantaranya albasiah, Mahoni, Jati Putih dan Jabon, untuk tanaman buah kita juga sudah memiliki Mangga, Pepaya, Jambu Air dan sekarang yang terbaru kita menanam Durian Musangking dan Durian Matahari," jelas RM Kristyo Nugroho, Jumat (22/3/2019).


BACA JUGA : Nasib Guru Honorer Sukabumi Dipertanyakan, Menteri Pendidikan Angkat Bicara


Dengan 10 Hektare luas keseluruhan lahan Lembaga Permasyarakatan Kelas III Warungkiara,  Kalapas mentargetkan 3 Hektare lahan akan digunakan sebagai kawasan penghijauan.


Untuk Pupuk organik, dipastikan Lapas Warungkiara tidak akan mengalami kekurangan, pasalnya saat ini Lapas mengembangkan sektor peternakan sapi yang kemudian limbah kotorannya bisa digunakan sebagai pupuk bagi penghijauan.


Kepala Lapas Kelas III Warungkiara RM Kristyo Nugroho // Foto : Isep Panji

Kepala Lapas Kelas III Warungkiara RM Kristyo Nugroho // Foto : Isep Panji


"Pupuk kita buat sendiri kita memiliki kurang lebih 204 ekor Sapi, kita kelola hasil limbah ini untuk menjadi pupuk kandang dan ini Kita bekerja sama dengan kelompok tani di Sukabumi dan alhamdulillah penghasilan pupuk kandang perharinya mencapai 1 ton dan saat ini kita memiliki stok hingga 60 ton," beber Kalapas.


BACA JUGA : Luhut Binsar Pandjaitan Pastikan Dermaga Cisolok Dibangun dan Nelayan Palabuhanratu Belajar ke Vietnam


Dengan jumlah limbah Sapi yang melimpah, nantinya Lapas Warungkiara akan menjalin kerjasama dengan Pihak terkait untuk bisa mensuplai Pupuk organik.


"Kedepannya kita bisa berkolaborasi dengan petani dan pengusaha dibidang tanaman bila membutuhkan pupuk kandang kita siap mensuplai," tandasnya.


Saat ditanya kenapa memilih melakukan penanaman Pohon Durian, RM Kristyo Nugroho menjelaskan, "Kenapa memilih Durian pertama saya menggemari Durian dan kedua dari segi ekonomi durian itu tidak pernah turun harganya," jelasnya. (*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Hut ke-55 Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Warungkiara Tanam Durian Hut ke-55 Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Warungkiara Tanam Durian Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Maret 22, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads