Header AD

DPMD Sukabumi Buka Ruang Pengaduan Masyarakat Untuk Sampaikan Aspirasi Terkait Kinerja Pemerintahan Desa

DPMD Sukabumi Buka Ruang Pengaduan Masyarakat Untuk Sampaikan Aspirasi Terkait Kinerja Pemerintahan Desa

DPMD Sukabumi Buka Ruang Pengaduan Masyarakat Untuk Sampaikan Aspirasi Terkait Kinerja Pemerintahan Desa


TatarSukabumi.ID –  Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan Desa Tahun Anggaran 2019.


Menurut Kepala Seksi Perencanaan Keuangan dan Aset Desa, Deviana, saat ini DPMD telah melakukan berbagai upaya agar prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan Desa dapat diimplementasikan.


BACA JUGA : Seperti Ini Lapang Cangehgar dan Alun-alun Palabuhanratu Masa Depan


Beberapa upaya yang telah dilakukan DPMD diantaranya menetapkan regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai tindak lanjut dari Perundang-undangan pengelolaan keuangan desa sekaligus membuat pedoman teknis pengelolaan keuangan Desa khususnya yang berkaitan dengan mekanisme perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban Dana Desa.


DPMD juga membuka layanan Konsultasi Bale Sawala Keuangan Desa apabila ada permasalahan terkait pengelolaan keuangan desa, dan membuka forum diskusi bagi seluruh pemerintahan desa agar dapat menyelesaikan permasalahan pengelolaan keuangan desa.


"Kami membuka ruang pengaduan bagi Masyarakatuntuk menyampaikan aspirasinya terkait kinerja pemerintahan desa, khususnya dalam hal pengelolaan dana desa" ujar Deviana, Jumat (1/3/2019).


BACA JUGA : Tepis Tudingan Maraknya WNA Asal China Pemegang e-KTP di Sukabumi, Inilah Data Kebangsaan WNA Pemegang e-KTP di Sukabumi


Upaya lainnya menurut Deviana, DPMD akan terus melakukan peningkatan kapasitas sumber daya Aparatur Desa dalam pengelolaan keuangan desa sekaligus menyediakan dukungan sarana teknologi informasi yang memadai dalam pengelolaan keuangan desa, diantaranya Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara online bagi 381 desa se-Kabupaten Sukabumi dan Sistem Informasi Monitoring Keuangan Desa (Simondes).


“Kami juga akan melaksanakan monitoring, evaluasi dan pengawasan secara rutin untuk setiap tahapan penyaluran dana desa. Serta melibatkan peran aktif tenaga ahli pendamping desa, maupun pendamping lokal desa, serta peran aktif Kecamatan untuk melaksanakan pembinaan dan pendampingan pengelolaan keuangan desa dimulai dari perencanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban,” beber Deviana.(*)


Reporter : Rapik Utama/ Asep M-rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

DPMD Sukabumi Buka Ruang Pengaduan Masyarakat Untuk Sampaikan Aspirasi Terkait Kinerja Pemerintahan Desa DPMD Sukabumi Buka Ruang Pengaduan Masyarakat Untuk Sampaikan Aspirasi Terkait Kinerja Pemerintahan Desa Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Maret 02, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads